Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Vol 6, No 1 (2018): April

KARAKTERISTIK CARA GURU MENGAJAR DENGAN KEPUASAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

Hardiansyah Hardiansyah (IKIP Mataram)
Restu Wibawa (IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2019

Abstract

Dalam lembaga pendidikan, kepuasan merupakan indikator yang sangat pentinguntuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Akan tetapi tidak bisa dipungkiribahwa tinggi rendahnya kepuasan siswa banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain disampingproses pengajaran itu sendiri, seperti keandalan, daya tanggap, kepastian, empati, danberwujud diukur dengan karakteristik cara guru mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui Karakteristik Cara Guru Mengajar Dengan Kepuasan Siswa Dalam Proses BelajarMengajar di SMA Negeri 1 Jerowaru Lombok Timur. Subyek penelitian ini adalah seluruhsiswa di SMA Negeri 1 Jerowaru Lombok Timur. Metode pengumpulan data yang digunakanadalah metode angket sebagai metode pokok untuk memproleh data tentang karakteristik caraguru mengajar dan kepuasan, sedangkan metode wawancara sebagai metode pelengkap.Analisis data menggunakan rumus Koefisien kerelasi product moment. Hasil penelitiandiperoleh nilai rhitung sebesar 0,394 dan nilai rtabel sebesar 0,367 pada taraf signifikansi 5% danN=29, atau (0,394>0,367). Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis nihil (Ho) ditolak danHipotesis alternatif (Ha) diterima. Karakteristik cara guru mengajar dengan kepuasan siswadalam proses belajar mengajar masih tergolong rendah. Dengan demikian dalam kegiatanbelajar mengajar masih berlangsung normal dan tidak ada pengembangan diri secara intrinsikmaupun ektrinsik dari guru untuk meningkatkan kualitas belajar siswa di kelas.Kata Kunci: Karakteristik Cara Guru Mengajar, Kepuasan Siswa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

visionary

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu ...