Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
Volume 3, Nomor 1 Tahun 2018

EFEKTIVITAS MEDIA GAME MENGETIK INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS5

Wiwien Kurniawati (IKIP Mataram)
Restu Wibawa (IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2019

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Hal ini disebabkan karena tingkat intelegensi, minimnya motivasi belajar, cara belajar kurang efektif, kurangnya frekuensi dan jumlah waktu belajar, tingkat disiplin diri kurang, media belajar atau bahan ajar yang belum mencukupi disediakan pihak sekolah. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Media Game Mengetik Interaktif Berbasis Adobe Flash CS5 Efektif Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Jurusan TKJ Kelas X-2 di SMKN 1 Labuapi Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen one design group pre-test post-test. Sampel dalam penelitian ini tidak digunakan karena populasi yang relatif sedikit sehingga menggunakan studi populasi. Adapaun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunkan rumus chi square. Sesuai dengan hasil perhitungan chi square yang diperoleh melalui analisis ternyata nilai yang diperoleh = 4,874.sedangkan nilai chi square dalam tabel dengan N = (C-1)(R-1)=(5-1)(2-1)=4 dengan taraf signifikansi 5% = 3,841 dengan demikian bahwa nilai chi square analisis lebih besar dari pada nilai chi square tabel (4,874.> 3,841). Hal ini berarti hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Adobe Flash CS5, Game Interaktif, Motivasi Belajar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran is scientific journal published by Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016 with ISSN: 2656-1417 ...