cover
Contact Name
Ary Purmadi
Contact Email
jtp@ikipmataram.ac.id
Phone
+6281917931525
Journal Mail Official
jtp@undikma.ac.id
Editorial Address
Jl. Pemuda No. 59 A Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
ISSN : 25030620     EISSN : 26561417     DOI : https://doi.org/10.33394
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran is scientific journal published by Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016 with ISSN: 2656-1417 (Online) and ISSN: 2503-0620 (Print). JTP contains scientific articles from research and critical review in Education, Teaching and Learning which include : Learning Media, Multymedia, E-learning, Curriculum, Educational Technology, Learning Technology, Learning Design, Assessment, Development, Management, & Learning Evaluation. Language used in this journal are Bahasa and English (Preferred). JTP is available for free (open access) to all readers.
Articles 269 Documents
Cover Depan, Dewan Redaksi, dan Daftar Isi Cover Depan Dewan Redaksi Daftar Isi
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2019): October
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v4i2.2250

Abstract

Cover Depan, Dewan Redaksi, dan Daftar Isi
Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Negeri 38 Ampenan Ruth Sumarmi
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 5, No 2 (2020): October
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v5i2.3064

Abstract

This study aims to improve student motivation and learning outcomes by using group work methods on Christianity at SD Negeri 38 Ampenan. This research method uses classroom action research methods with research subjects namely fourth grade students of SD Negeri 38 Ampenan. The research instrument used observation and tests. The research data were analyzed using descriptive qualitative and quantitative techniques. The results of this study indicate that the learning process using group work methods can increase student motivation so that it has a positive impact on the final grades obtained by students. Based on the results of observations in cycle I and cycle II, it was found that all students liked the way of learning and were motivated to learn using the group work method on the grounds that the learning process was fun and did not make it saturated.
ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI PENGAJUAN SKRIPSI DAN TUGAS AKHIR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN ISO 9126 Indriaturrahmi Indriaturrahmi
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 2 Nomor 2 Oktober Tahun 2017
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v2i2.593

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi mendorong manusia untuk terus berinovasi. Sebagian besar pekerjaan manusia yang masih bersifat manual telah tergantikan dengan komputerisasi atau dibantu dengan komputer. Salah satunya adalah pengajuan skripasi dan tugas akhir mahasiswa. Pada awalnya pengajuan skripsi dan tugas akhir masih dilakukan manual, maka dibangunlah sebuah sistem informasi yang dimanfaatkan untuk membantu memudahkan dalam mengolah data, me-manage, mengawasi dan mencatat segala aktifitas akademik setiap mahasiswa dalam pelaksanaan pengajuan skripsi dan tugas akhir. Namun, sebelum menerapkan sistem tersebut perlu dilakukan beberapa pengujian. Pengujian ini wajib dilakukan untuk mengetahui analisis kebutuhan, desain¸ metode dan pengembangan yang dilakukan. Berberapa model pengujian kualitas perangkat lunak antara lain: McCall’s model, ISO, FURPS, dorbey Model dan sebagainya. Pada penelitian ini peneliti ingin menggunakan ISO 9126 karena pengujian yang dilakukan adalah pada aspek-aspek functionality, realibility, usability, efficency, maintainability, dan portability.Kata kunci: Pengujian Sistem Informasi, Pengujian Dan Tugas Akhri Mahasiswa, ISO 9126, Functionality, Realibility, Usability, Efficency, Maintainability, Dan Portability
EFEKTIVITAS MEDIA PRESENTASI ANIMASI FLASH BERBASIS POWER POINT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU DI MI AL-IKHLASYIAH LOMBOK BARAT Hastuti Diah Ikawati; Wiwien Kurniawati
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Oktober Tahun 2016
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v1i2.629

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Media Presentasi Animasi Flash Berbasis Power Point Efektif terhadap peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu di MI Al-Ikhlasyiah Lombok Barat? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas Media Presentasi Animasi Flash Berbasis Power Point terhadap peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu di MI Al-Ikhlasyiah Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen yaitu dengan desain one group eksperimen. One group eksperimen design, dan penelitian ini tidak menarik sampel kerena penelitian ini adalah penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan anaisis data dalam penelitian ini mmenggunakan analisis chi square. Hasil analisis data dilakukan dengan menggunakan media presentasi animasi flash berbasis power point, maka dari hasil ujimenunjukkan nilaisebesar 16.26 dengan taraf signifikan 5% dan= (5-1) (2-1) = 4 ternyata besarnya angka batas penolakan hipotesis nol (Ho) yang dinyatakan dalam tabel distribusi t adalah 9.48. Kenyataan ini menunjukkan bahwa nilailebih besar dari pada ttabel, maka penelitian ini signifikan (16.26 > 9.88). Karenalebih besar dari pada ttabel maka penelitian ini signifikan.Kata Kunci : Animasi Flash, Motivasi, IPA
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Modul pada Siswa SMA Negeri 2 Labuapi Aspari Aspari
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 5, No 2 (2020): October
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v5i2.3058

Abstract

This study aims to improve student learning outcomes by using the Jigsaw learning method assisted by the hydrocarbon material module. This research is a classroom action research which consists of two cycles. Each cycle consists of planning the action, implementing the action, observing and reflecting. The subjects of this study were students of class XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Labuapi. The data sources came from teachers and students. Data obtained through interviews, observation, tests, and questionnaires. The data analysis technique used is descriptive qualitative and quantitative analysis. The results showed that the module-assisted Jigsaw learning method could improve: (1) student learning outcomes in cognitive aspects from 41.5% in cycle I to 72.3% in cycle II and in affective aspects from 68.92% in cycle I to 77.56% in cycle II. The conclusion of this research is that the use of the module-assisted Jigsaw learning method can improve student learning outcomes on the subject matter of hydrocarbons in class XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Labuapi.
PENGARUH PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PADA MATA KULIAH MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR MAHASISWA DI JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN Restu Wibawa
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 April Tahun 2017
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v2i1.616

Abstract

Penelitian ini bertuuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Practice Rehearsal Pada Mata Kuliah Media Tiga Dimensi Terhadap Kreativitas Belajar Mahasiswa Di Jurusan Teknologi Pendidikan. penelitian ini dilaksanakan di jurusan Teknologi Pendidikan di akultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram. Populasi berjumlah 80 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 80 orang yang terdiri dari 40 orang kelas VIII B dan 40 orang kelas VIII. Tes konsep diri dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang memiliki konsep diri tinggi dan siswa yang memiliki konsep diri rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan Chi Square.Berdasarkan hasil analisis data analisis data statistik yang ditemukan sebesar 20,814 termasuk pada kategori sangat kuat. Berdasarkan (Degrees of Freedom) df (k-1)+(2-1) = (5-1)+(2-1) = 4+1= 5 dengan taraf signifikansi 5% 0,05 ttabel sebesar 11,070. Artinya x2 lebih besar dari t-table yaitu 20,814 > 11,070.Kata Kunci: Practice Rehearsal, Tiga Dimensi, Kreativitas Belajar
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MATRIX LABORATORY (MATLAB) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Apriansyah Apriyansyah; Muh. Husein Baysha
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 3, Nomor 2 Tahun 2018
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v0i2.1235

Abstract

Media pembelajaran Matrix laboratory (MATLAB) : Media pembelajaran Matrix Laboratory (MATLAB) sebuah bahasa dengan kinerja tinggi untuk komputasi masalah teknik. Matrix Laboratory (MATLAB)  mengintegrasikan komputasi, visualisasi, dan pemrograman dalam suatu model yang sangat mudah untuk pakai dimana masalah-masalah dan penyelesaiannya diekspresikan dalam notasi matematika yang familiar. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian yang lebih luas mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh media pembelajaran Matrix Laboratory (MATLAB)  dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 5 Kopang kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018 ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, pengaruh media pembelajaran Matrix Laboratory (MATLAB) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 5 Kopang kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 di penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes sebagai metode pokok dan metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisa statistik data dengan menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu : nilai thitung sebesar  6,242nilai ttable  pada taraf signifikansi 5 %  dengan N=21 sebesar 2,080. Dengan demikian nilai thitung  lebih besar daripada nilai ttabel (6,242 > 2,080 ) sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini ”signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Nol (Ho) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah : ”Ada Pengaruh Media Pembelajaran Matrix Laboratory (MATLAB) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 5 Kopang kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci : Media pembelajaran Matrix laboratory (MATLAB) dan Hasil Belajar.
PENGARUH PEMBELAJARAN SUGESTI IMAJINASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Muh. Ihsan; Farida Fitriani
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 4, No 1 (2019): April
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v4i1.2264

Abstract

Imagination Suggestion Model is not yet popular among teachers, teachers still use a learning model that is still monotonous, so that the learning process is often found that students are not actively participating in the learning process. The purpose of this study was to determine the effect of the Imagination Suggestion Model on Student Learning Outcomes in Indonesian Language Subjects Class VIII at SMPN 3 Gunungsari, West Lombok Regency in 2018/2019 Academic Year. Data collection methods use tests, documentation and interviews as a complement. As for data analysis using the t test formula. After the research is carried out, the data is entered into the work tebel, then performed calculations using the formula. T-test results show the value of t calculated is greater than the value of t table at a significance level of 5% with db = 20-1 = 19 (3.703> 2.093) then the null hypothesis (H0) is rejected while the alternative hypothesis (Ha) is accepted. The Conclusion There Is The Effect Of Imagination Suggestion Model On Student Learning Outcomes In Indonesian Language Subjects Class VIII at SMPN 3 Gunungsari, West Lombok Regency, 2018/2019 Academic Year. In other words, this research is significant.
PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS VI SD NEGERI 03 POJOK KARANGANYAR Wakhidah Wakhidah
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Oktober Tahun 2016
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v1i2.607

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas VI SD Negeri 03 Pojok Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tiap Siklus terdiri empat tahapan yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refrleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 03 Pojok, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar sebanyak 18 siswa terdiri dari 7 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal bahwa Prosentase ketuntasan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa jawa materi menulis huruf jawa adalah 56% .Setelah penelitian siklus I menunjukkan terjadi peningkatan. Bahwa Prosentase ketuntasan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VI menjadi 72%. Prosentase nilai ketuntasan pada siklus II terjadi peningkatan lagi yaitu menjadi 88% dimana18 siswa yang tuntas adalah 16 siswa dan yang masih belum tuntas 2 siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa jawa materi menulis huruf jawa kelas VI SD Negeri 03 Pojok Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar.Kata Kunci : Motivasi, Hasil Belajar, Diskusi Kelompok
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE NETWORKED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Mistawati Mistawati; Endah Resnandari Puji Astuti
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 4, No 1 (2019): April
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v4i1.2255

Abstract

Sebagian besar proses belajar mengajar yang selama ini digunakan oleh para pengajar adalah dengan menyampaikan materi dengan metode ceramah (konvensional), itu juga yang terjadi di SMPN 2 montong gading kabupaten Lombok Timur sehingga pada saat tanya jawab sebagian siswa sibuk dengan kegiatan masing-masing bahkan sebagian besar relatif diam. .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Networked Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas VII Di Smpn 2 Montong Gading Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penilitian eksperimen dengan one group pre-test dan post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 2 Montong Gading Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode tes sebagai metode pokok, sedangkan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan data t-test. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5%, maka di peroleh hasil penelitian yaitu nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (2,487>2-045). Dengan db (N-1) = 29 dengan kata lain, menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan Ha diterima. Maka dapat di simpulkan bahwa hipotesis Ha berbunyi : Ada Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Networked Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas VII Di SMPN 2 Montong Gading Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019 artinya hasil penelitian ini “signifikan”.

Page 1 of 27 | Total Record : 269