cover
Contact Name
Ary Purmadi
Contact Email
jtp@ikipmataram.ac.id
Phone
+6281917931525
Journal Mail Official
jtp@ikipmataram.ac.id
Editorial Address
Jl. Pemuda No. 59 A Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
ISSN : 25030620     EISSN : 26561417     DOI : https://doi.org/10.33394
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran is scientific journal published by Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016 with ISSN: 2656-1417 (Online) and ISSN: 2503-0620 (Print). JTP contains scientific articles from research and critical review in Education, Teaching and Learning which include : Learning Media, Multymedia, E-learning, Curriculum, Educational Technology, Learning Technology, Learning Design, Assessment, Development, Management, & Learning Evaluation. Language used in this journal are Bahasa and English (Preferred). JTP is available for free (open access) to all readers.
Articles 138 Documents
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Penggunaan Media Alat Bantu Box bagi Siswa SDN 38 Ampenan Magdalena, Magdalena
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 5, No 2 (2020): October
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v5i2.3061

Abstract

This study aims to improve learning outcomes squat-style long jump through the use of the media as a tool for students at SD Negeri 38 Ampenan. This research method uses classroom action research methods with research subjects namely fifth grade students of SD Negeri 38 Ampenan. The research instrument used observation, interviews, and tests. The data analysis technique used in this research was qualitative and quantitative descriptive analysis. The results of this study indicate that learning the long jump squat style through the use of assistive media can increase student focus and activeness as well as a pleasant learning atmosphere which has an impact on improving student learning outcomes.
PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR DIGITAL BERBASIS WEB PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN Purmadi, Ary; Lukitasari, Diah
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 2 Nomor 2 Oktober Tahun 2017
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v2i2.588

Abstract

Sumber belajar salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Berbagai macam sumber belajar yang dapat dikembangkan misalnya portal digital berbasis web. Produk pembelajaran ini dikembangkan untuk matakuliah kewirausahaan di Jurusan Teknologi Pendidikan IKIP Mataram. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan produk dengan spesifisikasi atau fitur-fitur pembelajaran 2) menghasilkan sumber belajar digital berbasis web yang layak digunakan dalam mata kuliah kewirausahaan 3) mengetahui efektifitas pembelajaran produk. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui dua cara yakni kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian ini adalah 1) Fitur pembelajaran yang dihasilkan seperti materi yang bervariasi, sistem penilaian online, dan fasilitas chating. 2) portal pembelajaran yang telah memenuhi unsur kelayakan, baik pada uji alpha untuk ahli media sebesar 4,27 dan materi 4,28 serta uji beta sebesar 4,24 yang tergolong kategori “sangat baik”. 3) Selain itu juga, portal yang dikembangkan dapat dikatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran sebesar 97 % dari penilaian pretest ke posttest.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MELALUI PRAKTIKUM OLAHAN TAPE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN BIOTEKNOLOGI Handayani, Lilik
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2019): October
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v4i2.2247

Abstract

Tujuan utama dari penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan Aktivitas dan PrestasiBelajar di kelas dimana guru secara penuh terlibat dalam penelitian mulai dari perencanaan, tindakan,pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karenapenelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasukpenelitian deskriptif, sebab menggambarkan suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasilyang diinginkan dapat dicapai. Dari data Observasi didapatkan hasil siklus I dengan rata-rata 48,6 %dan pada siklus ke II didapatkan dengan nilai rata – rata 82,5 %. Sedangkan hasil evaluasi pada sikluske I didapatkan hasil evaluasi dengan nilai rata – rata 65.5 sedangkan hasil evaluasi pada siklus ke IIdidapatkan nilai rata-rata 87,45 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus ke I peserta didikmasih dinyatakan tidak aktif dalam menjalani proses pembelajaran, yang ditunjukkan juga denganhasil evaluasi yang masih jauh dari katagori Baik. Sedangkan pada siklus ke II peserta didikdinyatakan aktif dalam melaksanakan proses pembelajaran yang ditunjukkan juga pada hasilpembelajaran yang meningkat . dan dinyatakan dengan kreteria dengan kategori Baik. Sehingga dapatditarik kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF KATA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Bastika, Ayu; Mujiburrahman, Mujiburrahman
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 3, Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v3i1.1226

Abstract

Pada pengamatan awal, guru Bahasa Inggris pada SD Integral Luqman Al-Hakim Mataram  seringkali  menggunakan  metode  konvensional  yaitu  metode  ceramah. Karena Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang membutuhkan partisipasi aktif siswa untuk mempelajarinya, maka metode ceramah yang lebih bersifat berpusat pada guru  tidak  tepat  untuk  digunakan.  Sering  kali  siswa  tidak  dapat  menangkap penjelasan guru. Kebanyakan siswa hanya mendengarkan dan mencatat  apa yang dijelaskan oleh guru sedangkan mereka tidak memahami materi pembelajaran itu sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Ada Pengaruh Model Pembelajaran Induktif Kata  Bergambar  terhadap  Hasil Belajar  Siswa Pada  Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V di SD Integral Luqman Al-Hakim Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Apakah Ada Pengaruh Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V Di SD Integral Luqman Al-Hakim Mataram Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Integral  Luqman  Al-Hakim  Mataram  yang  berjumlah  65  orang  siswa.  Karena populasi kurang dari 100 maka penelitian ini menggunakan studi populasi. Rancanagan penelitian menggunakan one-Group pretes-posttes design. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Tehnik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus ttes. Hasil analisis diperoleh nilai ttest sebesar 5,170 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan db = N-1 = 25 lebih besar daripada nilai ttest pada tabel (5,170>2,060), berarti bahwa  ditolak dan Ha  diterima yang berbunyi: Ada Pengaruh Model Pembelajaran Induktif Kata  Bergamabar  terhadap  Hasil  Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V Di SD Integral Luqman Al- Hakim Mataram Tahun Ajaran 2017/2018, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”. Kata Kunci: Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar, Hasil Belajar.
EVALUASI CIPP (CONTEXT INPUT PROCESS PRODUCT) PENERAPAN KURIKULUM SMK Baysha, Muh. Husen; Puji Astuti, Endah Resnandari
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 1 Nomor 1 April Tahun 2016
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v1i1.599

Abstract

Penerapan kurikulum di SMK mengalami kesulitan untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian mengidentifikasi penerapan kurikulum menggunakan pendekatan evaluasi model IPP (Input, Process, dan Product). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan sumber data menggunakan metode sampel bertujuan (purposive sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data melalui cara: (1) reduksi data (2) penyajian data (3) verifikasi data. Keabsahan data yang diperoleh dari penelitian ini maka digunakan data triangulation. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kualitas penerapan kurikulum tergolong baik berdasarkan hasil evaluasi IPP (Input, Process dan Product). (2) Terdapat kesulitan-kesulitan penerapan kurikulum berdasarkan hasil evaluasi IPP (Input, Process dan Product). Kesulitan-kesulitan penerapan kurikulum tidak begitu signifikan dan masih dapat ditanggulangi dan diatasi baik oleh pihak sekolah. (3) Tingkat kesulitan penerapan kurikulum tergolong tinggi berdasarkan hasil evaluasi IPP (Input, Process dan Product). Namun masih dapat ditanggulangi dan diatasi baik oleh pihak sekolah.Kata Kunci : Evaluasi CIPP, Kurikulum, SMK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Safitri, Yulia; Muzakkir, Muzakkir
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 4, No 1 (2019): April
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v4i1.2256

Abstract

Permasalahan yang terjadi di lapangan pada pelajaran TIK, masih menggunakan metode ceramah, diskusi, dan kerja kelompok sehingga membuat siswa kurang aktif. Di samping hal tersebut, guru mata pelajaran TIK pada saat menyampaikan materi pada mata pelajaran TIK masih menggunakan kapur dan papan tulis hal tersebut karena tidak adanya alat sepeti LCD di sekolah tersebut sehingga menyebabkan siswa kurang mampu berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran TIK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu, pengaruh model pembelajaran elaborasi terhadap hasil belajat Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VII Di MTs NW AL-Ahyar Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang di gunakan yaitu metode eksperimen dengan One Group Pre-test Pos-tes Design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 25 0rang di MTs NW Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka dalam penelitian ini untuk menggunakan tehnik populasi. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode tes sebagai metode pokok dan metode observasi, dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisa data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yang t hitung 4,508. Dengan derajat kebebasan (N-1) yakni (25-1)= 2. Dalam tarif signifikan 5% atau 0,05 dan derajat kebebasan (d.b) 24 ternyata besarnya angka batas penolakan hipotesis Nol (Ho) pada tabel “t” adalah 2,064. Dengan demikian nilai t hitung yang diperoleh dalam penelitian sebesar 4,508. telah berada diatas angka batas yang sebesarnya 2,064 atau dengan kata lain bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (4,508>2,064), pada tarif signifikan 5% sehingga, penelitian ini dapat dinyatakan “signifikan”.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASKES TENTANG SERVIS PERMAINAN BOLA VOLLY DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DRIIL DAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JEKANI 3 Muhasyim, Muhasyim
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Oktober Tahun 2016
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v1i2.608

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengingkatkan hasil belajar siswa dengan menggunaan pendekatan pembelajaran drill dan bermain tentang konsep servis atas permainan bola volly pada siswa kelas IV SDN Jekani 3 Mondokan Sragen; 2) Untuk mengingkatkan aktifitas belajar siswa tentang konsep servis atas permainan bola volly pada siswa kelas IV SDN Jekani 3 Mondokan Sragen. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Jekani 3 Mondokan Sragen. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jekani 3 Mondokan Sragen dengan jumlah 17 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan dan guru. Data yang akan dikumpulkan pada penelitian ini berupa hasil belajar tentang volly sebelum dan setelah menggunakan pendekatan pembelajaran drill dan bermain dan data yang digunakan proses kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran drill dan bermain. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Indikator penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa mencapai lebih dari 85% dan meningkatkan hasil belajar dari tidak tuntas menjadi tuntas yaitu rata-rata hasil belajar penjaskes minimal telah mencapai lebih dari 75. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kritis dan analisis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) hasil observasi terhadap aktivitas pembelajaran terlihat bahwa siswa menjadi aktif dan tidak cepat jenuh dalam pembelajaran. Persentase peningkatan aktivitas pembelajaran pada siklus 1 mencapai 72%, siklus 2 mencapai 89%, sementara skor harapan adalah aktivitas pembelajaran adalah 85%. Ini berarti target aktivitas pembelajaran sudah tercapai; 2) hasil evaluasi pada siklus 1 kemampuan passing atas siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal yaitu: pada kondisi awal jumlah siswa yang mencapai nilai 75 baru 4 siswa (25%) dan pada siklus 1 meningkat menjadi 8 siswa (50%), kemudian pada siklus 2, meningkat menjadi 15 siswa yang mencapai nilai 75 bahkan lebih. Ini berarti target 85. dari jumlah siswa mencapai KKM dengan nilai 75 sudah tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan pendekatan pembelajaran drill dan bermain dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar penjaskes tentang konsep servis atas permainan bola volly pada siswa kelas IV SDN Jekani 3 Mondokan Sragen.Kata Kunci : Penjaskes, Pembelajaran Drill, Hasil Belajar
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PESERTA DIDIK DALAM MENGGUNAKAN E-LEARNING DI SEKOLAH DASAR Purmadi, Ary; Garnika, Eneng
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Vol 4, No 1 (2019): April
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v4i1.2265

Abstract

Services in both academic and non-academic very important in achieving learning objectives. The availability of learning facilities consisting of e-learning can be a learning resource that can be used by students in learning. This study aims to analyze the level of participant satisfaction in using e-learning at the elementary school level. The method used is a quantitative method using a questionnaire to respondents. While the learning management system (LMS) used is Edmodo. The sample used was class VI as many as 31 students in SDN 3 Dasan Lekong. The results of the study were as many as 5 people or 16% were very satisfied, 23 people or 74% were satisfied, and 3 people or 10% less satisfied were quite satisfied in using e-learning. While there were no students who stated they were not satisfied in using e-learning. Student satisfaction is a form of desires, hopes and needs of students can be met. This is intended as the desires and expectations of students about the use of e-learning obtained from students' responses have been good.
PENGARUH PENGGUNAAN SIMULASI JARINGAN KOMPUTER CISCO PACKET TRACER TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA Purnawan, Deki; Astutik, Fitri
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 3, Nomor 2 Tahun 2018
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v0i2.1236

Abstract

Permasalahan yang terlihat terjadi di lapangan pada mata pelajaran TIK khususnya pada materi sistem jaringan komputer masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah,diskusi, dan kerja kelompok sehingga membuat siswa menjadi kurang termotivasi dalam belajar. Di samping hal tersebut, guru mata pelajaran TIK pada saat menyampaikan materi tentang sistem jaringan komputer masih menggunakan kapur dan papan tulis dan kurang melakukan praktikum hal tersebut karena kurangnya ketersediaan alat dan bahan untuk praktikum pada materi sistem jaringan komputer sehingga menyebabkan siswa kurang mampu berpartisipasi aktif dalam materi sistem jaringan komputer.       Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Simulasi Jaringan Komputer Cisco Packet Tracer Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK khususnya materi tentang sistem jaringan komputer  Kelas IX b di SMPN 2 Keruak Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen, dan rancangan yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu: One Group Pre-tes Post-tes Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX b yang berjumlah 30 orang di SMPN 2 Keruak Kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2017/2018, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka dalam penelitian ini menggunakan teknik populasi.Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode angket sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisa data menggunakan rumus T-Test  Hasil penelitian yaitu sebesar 7,160 dan nilai  pada taraf Signifikan 5% dengan dk (N-1) = 30-1=29 lebih besar daripada nilai  pada tabel (7,160 >2,042), berarti bahwa ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: ada pengaruh penggunaan simulasi jaringan komputer Cisco Packet Tracer terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas IX b di SMPN 2 Keruak Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2017/2018, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”. Kata kunci: Simulasi Jaringan Komputer, Kreativitas Belajar
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LAGU DAERAH SUMBAWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMAN 1 SEKONGKANG Fitriani, Farida; Kurniawati, Wiwien
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 April Tahun 2017
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v2i1.617

Abstract

Rumusan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil pembelajaran menulis cerpen kelas kontrol dengan penggunaan metode ceramah pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang?, Bagaimanakah hasil pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan media lagu daerah di kelas eksperimen pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang?, Bagaimanakah hasil perbandingan pembelajaran menulis cerpen antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang?, sedangkan tujuannya adalah Untuk mengetahui hasil pembelajaran menulis cerpen pada kelas kontrol dengan penggunaan metode ceramah; Untuk mengetahui hasil pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan media lagu daerah Sumbawa pada kelas eksperimen; Untuk mengetahui hasil perbandingan pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan lagu daerah Sumbawa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil yaitu “t” hitung lebih besar dari “t” tabel pada taraf signifikasi 5% yaitu (14,725 > 1,681) sehingga penelitian ini dinyatakan “signifikan” dengan demikian kesimpulan yang diperoleh: “Meningkatnya hasil belajar kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang tahun pelajaran 2015/2016, hal ini menunjukkan Ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2015/2016, dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi: Meningkatnya hasil belajar kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang tahun pelajaran 2015/2016 diterima.Kata Kunci: Media Lagu Daerah, Pembelajaran Menulis, Cerpen.

Page 1 of 14 | Total Record : 138