SIGANUS: Journal of Fisheries and Marine Science
Vol 1 No 1 (2019): SIGANUS: Journal of Fisheries and Marine Science

Strategi Pemasaran Ikan Kakap Merah di Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mina Lestari

Muhammad Nur Ihsan (Unknown)
muhammad anshar (universitas sulawesi barat)
nurhidayah (universitas sulawesi barat)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2019

Abstract

ABSTRAK Penelitian dilakukan di Kelompok Usaha Bersama Karya Mina Lestari selama 2 bulan yaitu dari bulan Juni – Juli 2019. Penelitian bertujuan untuk : 1) Mengetahui strategi pemasaran ikan kakap merah KUB (Kelompok Usaha Bersama) Karya Mina Lestari 2) Mengetahui peluang pasar usaha ikan kakap merah KUB (Kelompok Usaha Bersama) Karya Mina Lestari di Kelurahan Lantora Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan teknik analisis yang digunakan adalah Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan faktor internal dapat disimpulkan faktor kekuatan adalah 2,35 lebih besar dibandingkan faktor kelemahan adalah 1,45 hal ini menunjukkan bahwa faktor kekuatan dapat mendukung pengembangan usaha pemasaran ikan kakap merah di KUB (Kelompok Usaha Bersama) Kayra Mina Lestari sedangkan untuk faktor eksternal dapat disimpukan nilai faktor peluang adalah 2,1 lebih besar dari nilai total faktor ancaman 0,80 hal ini menunjukkan bahwa Kelompok Usaha Bersama Karya Mina Lestari memiliki potensi peluang yang besar. Keyword : KUB, SWOT, Kakap Merah ABSTRACT The present study was conducted in Joint Business Group of Mina Lestari from June to July 2019 (two months). The objectives of the present study were to determine the marketing strategy and the market opportunity of red snapper fish in Joint Business Group (KUB) of Mina Lestari, Lantora, Polewali District, Polewali Mandar Regency. A case study with SWOT analysis was applied for the analysis technique. The results showed that internal factor consists of strength factor (2,35) and weakness factor (1,45) in which the strength factor is able to promote the business marketing development of red snapper fish in KUB Mina Lestari. Meanwhile, the external factor indicated 2,1 of opportunity value which is greater than 0,080 of threat factor. This suggested that the Joint Business Group of Mina Lestari has a huge prospect for further development. Keywords: Joint Business Group (KUB), SWOT, Red Snapper

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

siganus

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Earth & Planetary Sciences Immunology & microbiology

Description

SIGANUS: Journal of Fisheries and Marine Science adalah jurnal saintifik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian terbaru tentang perkembangan ilmu dan teknologi di bidang akuakultur, perikanan tangkap, pengolahan hasil perikanan, sosial ekonomi perikanan dan kelautan oleh Program Studi ...