Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1 Edisi April 2018

PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TIPE PEMODELAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SEKOLAH DASAR

M. Zainal Mustamiin (Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas lLmu Pendidikan IKIP Mataram)
M. Samsul Hadi (Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas lLmu Pendidikan IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2019

Abstract

Pembelajaran yang baik dan berkualitas adalah pembelajaran yang mampu membuat siswa berinteraksi dan bekerjasama disaat proses pembelajaran berlangsung. Salah satu teknik pembelajaran yang digunakan adalah Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Tipe Pemodelan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan evaluasi tes hasil belajar. Teknik analisis daata dengan teknik analisis skor rata-rata tes siswa dan teknik analisis hasil belajar dengan ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian yang peroleh pada siklus I yakni skor rata-rata tes siswa adalah 73,33% dengan jumlah siswa yang tuntas 11 orang sedangkan yang tidak tuntas 5 orang. Pada siklus II skor rata-rata tes 84,38% dengan jumlah siswa yang tuntas 16 siswa dari jumlah siswa keseluruhannya dan pada siklus ini tidak ada siswa yang tidak tuntas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...