Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 1, No 2 (2016): Volume 1 Nomor 2 Edisi Oktober 2016

EVALUASI KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHADAPI EXAMINATION ANXIETY

Abdurrahman Dr. (Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Mataram)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2018

Abstract

Abstrak : Ujian Merupakan kebijakan yang diberlakukan sekolah dan pemerintah dalam bidang pendidikan untuk menentukan standar mutu pendidikan. Hampir seluruh tenaga kependidikan sepakat akan perlunya ujian nasional untuk mengetahui keefektifan berbagai upaya yang dilakukan dalam proses pendidikan, apakah telah membuahkan hasil yang memuaskan atau tidak, dan ujian menjadi bagian tolak ukur keberhasilan seorang guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Siswa-siswi saat ini terkadang mengalami rasa cemas karena mereka akan menghadapi bermacam-macam ujian, mulai dari ujian tengah semester, ujian semester, tertulis, praktik, sampai ujian nasional yang paling membuat mereka cemas. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada kemampauan siswa dalam menghadapai Examination Anxiety Siswa Kelas XI SMAN 6 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Evaluasi kemampauan siswa dalam menghadapai Examination Anxiety ada 5 (lima) Indikator reaksi kecemasan yang dapat mempengaruhi: 1) Suasana hati sebesar 59,33%, 2) Fikiran sebesar 61,33%, 3) Motivasi sebesar 87,11%, 4) perilaku sebesar 61,00%  dan 5) Gerakan biologis sebesar 72,57%.Kata Kunci:   Evaluasi, kemampauan siswa, Examination Anxiety

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...