Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2018)

ANALISA KESALAHAN KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 13 SATU ATAP TANJUNGPINANG

Alifah Yulianingsih (Universitas Maritim Raja Ali Haji)
Febrian Febrian (Universitas Maritim Raja Ali Haji)
Alona Dwinata (Universitas Maritim Raja Ali Haji)



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

AbstrakStudi ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan konsep pecahan pada siswa dengan menganalisa lebih dalam kesalahan yang siswa lakukan saat mengerjakan beberapa soal yang diberikan, sehingga studi ini mengambil desain studi kasus, dengan mengambil subjek studi siswa kelas VII A SMP Negeri 13 Satu Atap Tanjungpinang yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara, tes yang digunakan merupakan tes jawaban singkat dan tes uraian yang berjumlah 14 soal dengan indikator soal yang berbeda-beda, untuk membantu peneliti mengetahui lebih dalam  cara berfikir siswa saat mengerjakan tes maka digunakan instrumen wawancara terstruktur terbuka dengan bantuan alat perekam suara (audio recorder). Hasil analisa yang dilakukan ditemukan bahwa siswa melakukan kesalahan konsep dihampir semua soal dengan persentasi kesalahan di soal 1 sebesar 62%, soal 3 sebesar 80%, soal 4 sebesar 25%, soal 5 sebesar 50%, soal 6a dan 6c sebesar 83%, soal 6b, 6d, 6e sebesar 100%, dan soal cerita di soal 8 dan 9 sebesar 86% dan 7%.Kata kunci: kesalahan konsep, pecahan, SMPN 13 satap TPI  AbstractThis study aims to find out the fraction of the concept of fractions in students by analyzing more in the mistakes that students do while working on some given questions, so this study takes the case study design, by taking the subject of the study of class VII A SMP Negeri 13 Satu Atap Tanjungpinang which amounted to 30 person. The instruments used were tests and interviews, the test used was a short answer test and a 14 description test with different problem indicators, to help researchers know more in the way students think when doing the test then used an open structured interview instrument with the help audio recorder. The result of the analysis found that the students did the mistake of the concept in almost all the problems with the percentage of error in problem 1 of 62%, the problem 3 by 80%, the problem of 4 by 25%, about 5 by 50%, about 6a and 6c by 83% 6b, 6d, 6e by 100%, and the story in problem 8 and 9 is 86% and 7%Keywords: concept error, fractional, SMPN 13 satap TPI

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mosharafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2086-4280 & e-ISSN: 2527-8827) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...