Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2018)

KECEPATAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMK PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG

Linda Jasira (Universitas Maritim Raja Ali Haji)
Rezky Ramadhona (Universitas Maritim Raja Ali Haji)
Linda Rosmery Tambunan (Universitas Maritim Raja Ali Haji)



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

AbstrakPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel melalui model pembelajaran Problem Based Learningdi kelas X SMK Pembangunan Tanjungpinang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Pembangunan Tanjungpinang yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yakni siklus pertama terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 3 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur kecepatan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, pencapaian alokasi waktu dan catatan lapangan. Data dari hasil tes, observasi dan catatan lapangan dari semua data yang diperoleh tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel siswa kelas X SMK Pembangunan Tanjungpinang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah dilaksanakan pembelajaran melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Hal ini ditunjukkan untuk skor setiap aspek menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel siswa menunjukkan bahwa sebanyak 62,96 % dari jumlah siswa mengalami peningkatan pada aspek penjelasan ditulis secara matematis serta tersusun secara logis dan sistematis, sebanyak 74,07 % dari jumlah siswa mengalami peningkatan pada aspek menggunakan metode secara lengkap serta mendapatkan solusi yang benar dan sebanyak 77,78 % dari jumlah siswa mengalami peningkatan pada aspek membuat model matematika dengan benar, kemudian melakukan perhitungan dengan tepat serta mendapatkan solusi yang benar dan lengkap. Rata-rata nilai tes pada siklus I adalah 6,37%pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 7,68%pada kategori baik. Dengan demikian, siswa mempunyai respon yang positif terhadap pembelajaran matematika melalui model Problem Based Learning dalam upaya meningkatkan kecepatan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel. AbstractThis research is a Classroom Action Research that aims to improve the speed of students in solving the problem story system of linear equations of three variables through the model of Problem Based Learning in class X SMK Pembangunan Tanjungpinang. Subjects in this study were the students of class X in vocational development Tanjungpinang totaling 27 students. This research is conducted in 2 cycles, ie the first cycle consists of 3 meetings and the second cycle consists of 3 meetings. The instrument used in this study is a test to measure the speed of the students' skills in solving the story problem of linear equations system of three variables, observation sheet of learning implementation, achievement of time allocation and field notes. Data from the test results, observations and field notes of all the data obtained are analyzed descriptively qualitatif.Hasil research shows that the speed of students in solving the problem story system of linear equations of three variables of students class X SMK Development Tanjungpinang increased from cycle I to cycle II after implemented learning through the model of learning Problem Based Learning. It is shown to score every aspect of solving linear equation system problem of three student variables indicate that as much as 62,96% of students have improvement in explanation aspect written mathematically and arranged logically and systematically, as much as 74,07% from student improvements in the aspects of using the method completely and get the right solution and as many as 77.78% of the number of students have improved on the aspects of making the mathematical model correctly, then do the calculations appropriately and get a solution that is true and complete. The average value of the test in the first cycle is 6.37% in the sufficient category and in the second cycle increased to 7.68% in either category. Thus, students have a positive response to the learning of mathematics through the model of Problem Based Learning in an effort to increase the student's speed in solving the problem story system of linear equations of three variables. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mosharafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2086-4280 & e-ISSN: 2527-8827) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...