JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance.
Vol 2, No 2 (2020)

PENGARUH SOSIALISASI DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa di Banda Aceh)

Zahra Zulchayra (Perbankan Syariah, UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Azharsyah Ibrahim (Perbankan Syariah, UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Ana Fitria (Perbankan Syariah, UIN Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Pasar modal merupakan salah satu sarana investasi untuk semua kalangan, tidak terkecuali mahasiswa. Minat berinvestasi mahasiswa dipengaruhi beberapa faktor seperti sosialisasi dan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi dan pengetahuan terhadap minat investasiĀ  mahasiswa di pasar modal syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sosialisasi berpengaruh terhadap minat berinvestasi mahasiswa Banda Aceh (2) Pengetahuan berpengaruh terhadap minat berinvestasi mahasiswa Banda Aceh (3) Secara simultan keduanya berpengaruh terhadap minat berinvestasi mahasiswa di Banda Aceh. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pemangku kepentingan di dunia pasar modal untuk meningkatkan sosialisasi dan literasi dalam menarik minat investor yang berasal dari kalangan mahasiswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jihbiz

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance publishes research articles of interest to Islamic Banking, Insurance/ Takaful, Islamic Accounting, Business Ethics and Legal Issues, Work Ethics, Islamic Work Ethics, Islamic Corporate Social Responsibility, Islamic Financial management, ...