cover
Contact Name
Inayatillah
Contact Email
jihbiz@ar-raniry.ac.id
Phone
+6285218267489
Journal Mail Official
jihzib@ar-raniry.ac.id
Editorial Address
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance.
ISSN : -     EISSN : 26848554     DOI : 10.22373/jihbiz
Core Subject : Economy,
Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance publishes research articles of interest to Islamic Banking, Insurance/ Takaful, Islamic Accounting, Business Ethics and Legal Issues, Work Ethics, Islamic Work Ethics, Islamic Corporate Social Responsibility, Islamic Financial management, Islamic Business management, Islamic Consumer behavior, Islamic Marketing management and strategies, Innovation and product development
Articles 46 Documents
ANALISIS PENGARUH RASIO AKTIVITAS, RASIO PROFITABILITAS, RASIO LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2013-2017 Sayid Abrar; Israk Ahmadsyah; Evy Iskandar
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance. Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Prodi Perbankan Syariah FEBI UIN Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jihbiz.v1i2.8572

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio aktivitas (TATO), rasio profitabilitas (ROE), rasio likuiditas (CR), dan leverage (DER) terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di JII. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi yaitu laporan keuangan triwulan perusahaan manufaktur periode 2013-2017. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan bantuan software Eviews versi 9. Hasil penelitian menunjukkan rasio aktivitas (TATO) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham. Rasio Profitabilitas (ROE) berpengaruh positif signifikan terhadap return saham. Rasio likuiditas (CR) dan leverage (DER) tidak berpengaruh terhadap return saham. Secara simultan rasio aktivitas (TATO), rasio profitabilitas (ROE), rasio likuiditas (CR), dan leverage (DER) tidak berpengaruh terhadap Return Saham.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN GENERASI MILENIAL TERHADAP MINAT BELI PRODUK ASURANSI JIWA SYARIAH Raudhatul jannah Irfan; Farid Fathony Ashal; Riza Aulia
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance. Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Prodi Perbankan Syariah FEBI UIN Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jihbiz.v2i1.8578

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh empat variabel independen yaitu produk, premi, promosi, dan religiusitas terhadap minat beli generasi milenial terhadap produk asuransi jiwa syariah. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, penelitian ini mendapatkan 97 siswa Sekolah Bisnis dan Ekonomi Islam UIN Ar-Raniry sebagai sampel yang diinginkan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, premi, promosi, dan religiusitas secara bersama-sama (uji F) berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk asuransi jiwa syariah generasi milenial. Sedangkan secara parsial (uji t) produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli generasi milenial dengan nilai signifikan 0,012 (<0,05), variabel premium berpengaruh signifikan terhadap minat beli generasi milenial dengan nilai signifikan 0,042. (<0,05), promosi juga berpengaruh signifikan terhadap niat beli generasi milenial dengan nilai signifikan 0,038 (<0,05), dan variabel religiusitas berpengaruh signifikan baik terhadap niat beli generasi milenial dengan nilai signifikan 0,044 (<0,05). Variabel yang paling dominan adalah produk.
ANALISIS PENERAPAN BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) BERBASIS SYARIAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK NOZY JUICE DI KOTA BANDA ACEH Mifthahul Jannah; Farid Fathony Ashal
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance. Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Prodi Perbankan Syariah FEBI UIN Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jihbiz.v1i1.4611

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran berbasis syariah pada home industry Nozy Juice dan untuk mengetahui  pengaruh bauran pemasaran berbasis syariah pada home industry Nozy juice terhadap peningkatan minat beli konsumen.  Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Nozy Juice di seluruh kota Banda Aceh.  Sampel yang diambil sebanyak 80 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling.    Hasil dari data yang diperolah dari lapangan melalui  hasil wawancara, selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa secara simultan variabel bauran pemasaran berbasis syariah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.  Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 13.047 dengan probabilitas signifikan 0,000.  Sedangkan secara parsial keempat variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.  Hal ini dibuktikan, variabel produk – rabbaniyyah dengan nilai t-hitung sebesar 3,924 dan probabilitas signifikansi 0,000.  Variabel harga – akhlaqiyyah dengan nilai t-hitung sebesar 2,046 dan probabilitas signifikansi 0,044.  Variabel tempat – al-waqi’iyyah dengan nilai t-hitung sebesar 2,060 dan probabilitas signifikansi 0,033.  Variabel promosi – al-insaniyyah dengan nilai t-hitung sebesar 2,928 dan probabilitas signifikansi 0,005.  Berdasarkan uji R2 pengaruh yang diberikan oleh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 64,8% sedangkan sisanya 35,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Keywords: Bauran Pemasaran Berbasis Syariah, Home Industry, Minat beli Konsumen
PENGARUH SOSIALISASI DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa di Banda Aceh) Zahra Zulchayra; Azharsyah Ibrahim; Ana Fitria
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance. Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Prodi Perbankan Syariah FEBI UIN Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jihbiz.v2i2.8645

Abstract

Pasar modal merupakan salah satu sarana investasi untuk semua kalangan, tidak terkecuali mahasiswa. Minat berinvestasi mahasiswa dipengaruhi beberapa faktor seperti sosialisasi dan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi dan pengetahuan terhadap minat investasi  mahasiswa di pasar modal syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sosialisasi berpengaruh terhadap minat berinvestasi mahasiswa Banda Aceh (2) Pengetahuan berpengaruh terhadap minat berinvestasi mahasiswa Banda Aceh (3) Secara simultan keduanya berpengaruh terhadap minat berinvestasi mahasiswa di Banda Aceh. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pemangku kepentingan di dunia pasar modal untuk meningkatkan sosialisasi dan literasi dalam menarik minat investor yang berasal dari kalangan mahasiswa.
TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH: STUDI PADA MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH Teuku Syifa Fadrizha Nanda; Ayumiati Ayumiati; Rahmaton Wahyu
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance. Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Prodi Perbankan Syariah FEBI UIN Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jihbiz.v1i2.8573

Abstract

Pengetahuan, pemahaman serta kecakapan dalam mengelola keuangan merupakan sebuah keniscayaan pada era industry 4.0. Bukan hanya pada level korporasi, namun juga sampai pada orang pribadi, karena literasi keuangan yang baik dapat meningkatkan kualitas pengambilan keputusan guna mencapai kesejahteraan. Kajian ini menganalisis tingkat literasi keuangan syariah masyarakat Kota Banda Aceh. Aspek literasi keuangan syariah yang diuji meliputi: pengetahuan dasar keuangan syariah, tabungan dan pinjaman syariah, asuransi syariah, dan investasi syariah. Kajian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survey, melalui penyebaran kuesioner terhadap responden. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif, dan hasil analisis selanjutnya diklasifikasikan kedalam model tingkat literasi keuangan yang dirumuskan oleh chen & Volpe (1998). Populasi kajian ini yaitu masyarakat Kota Banda Aceh dengan rentang umur 20 s/d 39 tahun. Sampel yang digunakan sebanyak 108 orang dengan menggunakan teknik pengambilan area sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan syariah masyarakat Kota Banda Aceh sebesar 71,99% atau berada pada kategori sedang. Nilai rata-rata setiap aspek yang diuji yaitu: pengetahuan dasar keuangan syariah (83,22%), tabungan dan pinjaman syariah (66,67%), asuransi syariah (65,93%), dan aspek invetasi syariah (71,85%). Penulis akhirnya merekomendasikan kepada pihak terkait untuk terus memperkuat serta memperluas edukasi kepada masyarakat terkait keuangan syariah, agar dapat menunjang pengelolaan keuangan yang searah dengan prinsip syariah serta menjadi dasar dalam pengambilan keputusan pada aspek ekonomi dan keuangan oleh masyarakat.
OPERASIONALISASI LEMBAGA KEUANGAN BARU DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA MIKRO Rahmat Aulia; Azharsyah Ibrahim; Ismail Rasyid Ridla Tarigan
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance. Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Prodi Perbankan Syariah FEBI UIN Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jihbiz.v2i1.8579

Abstract

Dalam banyak literatur disebutkan bahwa umur perusahaan memberikan dampak yang positif terhadap operasionalisasi usaha. Perusahaan dengan umur yang lebih lama akan lebih berpengalaman dan siap dalam menerapkan berbagai strategi penetrasi pasar. Kajian ini secara umum bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang dampak umur perusahaan terhadap operasionalisasinya dalam pembiayaan terhadap usaha mikro. Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Mahirah Muamalah Banda Aceh dijadikan sebagai sampel dengan pertimbangan bahwa LKMS ini baru beroperasi kurang dari 2 tahun saat kajian ini dilakukan. Secara khusus, kajian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh LKMS Mahirah Muamalah terhadap pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Banda Aceh. Data penelitian dikumpulkan melalui angket/kuesioner yang disebarkan kepada seluruh nasabah pembiayaan (total sampling). Untuk melihat pengaruh, data penelitian dianalisis dengan metode simple regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKMS Mahirah Muamalah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan UMKM di Kota Banda Aceh. Hal ini ditunjukkan oleh nilai R Square pada hasil uji koefisien determinasi 0,006 atau hanya sebesar 0,6% dampak yang diberikan oleh operasionalisasi LKMS Mahirah Muamalah terhadap Pertumbuhan UMKM di Kota Banda Aceh. Hasil ini memperkuat bukti bahwa umur LKMS menjadi salah satu faktor penentu dalam penilaian suatu LKMS baru terhadap pertumbuhan UMKM.
PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH (STUDI PADA PT BANK ACEH SYARIAH) Annisak Nur Rahmah; T. Syifa Fadrizha Nanda
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance. Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Prodi Perbankan Syariah FEBI UIN Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jihbiz.v1i1.4612

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan. Penelitian ini mencerminkan akan pentingnya pengungkapan intellectual capital pada laporan keuangan, sehingga dapat meningkatkan kinerja keuangan. Data yang digunakan adalah laporan keuangan Bank Aceh Syariah dari bulan Juli 2015 sampai dengan Desember 2017. Model pengukuran intellectual capital yang digunakan adalah model Pulic, yaitu Value Added Intellectual Coefficient (VAICTM). Secara perkomponen terdiri dari: human capital efficiency (HCE), capital employed efficientcy (CEE), dan structural capital efficiency (SCE). Data dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial: (1) Human Capital Efficiency (HCE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA; (2) Capital Employed Efficientcy (CEE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA; dan (3) Structural Capital Efficiency (SCE) berpengaruh negatif terhadap ROA. Secara simultan, intellectual capital yang meliputi human capital efficiency (HCE), capital employed efficientcy (CEE), dan structural capital efficiency (SCE) berpengaruh signifikan terhadap ROA. Kata Kunci: Human Capital, Capital Employed, Structural Capital, ROA
EFEKTIVITAS DANA SPP (SIMPAN PINJAM PEREMPUAN) DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI PADA UPK MANDIRI SYARIAH KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR) Ananda Rizkina; Zaki Fuad; Isnaliana Isnaliana
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance. Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Prodi Perbankan Syariah FEBI UIN Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jihbiz.v2i2.8646

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pelaksanaan dana Simpan Pinjam Perempuan di UPK Kecamatan Montasik dan efektivitas pelaksanaan dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) dalam peningkatan perekonomian masyarakat di UPK Kecamatan Montasik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan Hasil penelitian, maka diperoleh bahwa (1) Prosedur pelaksanaan dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) pada UPK Montasik Syariah kecamatan Montasik melalui beberapa tahapan yaitu: 1) pembentukan kelompok, 2) pengajuan pinjaman, 3) penyeleksian, 4) proses peminjamana dana, dan 5) proses pengembalian dana. (2) SPP memberikan dampak positif terhadap peningkatan perekonomian, yang ditandai dengan tercukupinya modal usaha, peningkatan usaha dan juga dapat membantu memenuhi kebutuhan pokok rumah tangga sehari-hari, pendidikan dan kesehatan keluarga.
ANALISIS HAMBATAN PERTUMBUHAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA (Kajian Terhadap Perbankan Syariah Di Aceh) Sarah Nadia; Azharsyah Ibrahim; Jalilah Jalilah
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance. Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Prodi Perbankan Syariah FEBI UIN Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jihbiz.v1i2.8575

Abstract

Pertumbuhan perbankan syariah relatif lebih kecil dibandingkan perbankan nasional yang berarti masih ada hambatan-hambatan atau kendala-kendala yang harus ditaklukkan perbankan syariah. Begitupun halnya di Aceh yang dijuluki daerah serambi Makkah, seharunya menjadi potensi besar dalam pengembangan perbankan syariah. Namun faktanya hingga saat ini, perkembangan perbankan syariah di Aceh juga masih tertinggal disbanding perbankan konvensional. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apa saja hambatan yang dialami oleh perbankan syariah di Aceh dalam pertumbuhannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, untuk mendapatkan hasil penelitian digunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, hambatan pertumbuhan perbankan syariah di Aceh antara lain berupa kurangnya SDM yang memahami perbankan syariah secara mendalam, kurangnya sosialisasi yang didapatkan masyarakat, sedikitnya literasi yang diterima masyarakat terkait perbankan syariah, kurangnya minat dan kepercayaan masyarakat terhadap perbankan syariah, serta keterlambatan adanya regulasi yang khusus mengatur tentang perbankan syariah. Dan hal tersebut tidak hanya berlaku bagi keterlambatan atau hambatan pertumbuhan perbankan syariah di Aceh saja, akan tetapi hambatan tersebut juga dialami oleh perbankan syariah secara nasional.
PENGARUH NON PERFORMING FINANCING (NPF), FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) DAN TINGKAT SUKU BUNGA DEPOSITO BANK KONVENSIONAL TERHADAP PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BANK UMUM SYARI’AH DI ACEH Harianto Arbi; Israk Ahmadsyah; Zaida Rizqi Zainul
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance. Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Prodi Perbankan Syariah FEBI UIN Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jihbiz.v1i1.4598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Non Performing Financing (NPF), Financing to Deposit Ratio(FDR) dan Tingkat Suku Bunga Deposito Bank Konvensional (TSBD) Terhadap Pembiayaan Mudharabah Pada Bank Umum Syari’ah di Aceh. Data penelitian ini menggunakan data sekunder dari tahun 2015 sampai dengan 2017 bersumber dari www.bi.go.id. Metode analisis data yang digunakan adalah model regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik yaitu uji parsial (uji-t) dan uji simultan (uji-F) dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil uji secara simultan (uji-F) menunjukkan bahwa Non Performing Financing (NPF), Financing to Deposit Ratio(FDR) dan Tingkat Suku Bunga Deposito Bank Konvensional (TSBD) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembiayaan mudharabah. Penelitian ini juga menemukan bahwa secara parsial variabel Non Performing Financing (NPF) memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap pembiayaan mudharabah dan untuk Tingkat Suku Bunga Deposito Bank Konvensional (TSBD) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembiayaan mudharabah.