Jurnal Pengkajian Dhamma
Vol. 5 No. 2 (2022): Januari: Jurnal Pengkajian Dhamma

Pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Berprestasi terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali

Aji Nugroho (Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Nalanda)
Muljadi Muljadi (Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Nalanda)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kepemimpinan Visioner terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha, pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha, serta pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Berprestasi secara bersama-sama terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif. Sample yang digunakan sebanyak 85 (delapan puluh lima) responden dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner (angket tertutup) menggunakan Skala Likert, kemudian dianalisis melalui serangkaian perhitungan statistik sehingga menghasilkan simpulan dan pembuktian hipotesis secara kuantitatif. Melalui serangkaian perhitungan statistik, hasil penelitian kuantitatif pada variabel Kepemimpinan Visioner terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali menunjukkan nilai Koefisien Korelasi (ry1)=0.8901, tHitung 17.7948 > tTabel 1.9890 pada signifikansi (α) = 0.05; artinya bahwa variabel Kepemimpinan Visioner berpengaruh secara signifikan terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha di Provinsi Bali. Kemudian pada variabel Motivasi Berprestasi terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se -Provinsi Bali menunjukkan nilai Koefisien Korelasi (ry2) = 0.9005, tHitung 18.8691> tTabel 1.9890 pada signifikansi (α) = 0.05; hal ini berarti Motivasi Berprestasi berpengaruh signifikan terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali. Sedangkan hasil penelitian pada variable Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Berprestasi secara simultan (bersama-sama) menunjukkan nilai Koefisien Korelasi (ry1.2) = 0.9436, tHitung25.9614>tTabel 1.9890 pada signifikansi (α)=0.05, artinya secara simultan variabel Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Berprestasi berpengaruh signifikan terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dv

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science

Description

The scope of the fields contained in Dharmavicaya Journal is dharma teachings to situations of social, political, educational, environmental, economic and mental ...