Jurnal Pengkajian Dhamma
Vol. 5 No. 2 (2022): Januari: Jurnal Pengkajian Dhamma

Pengaruh Kepemimpinan Situasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Minggu Buddha Se-Provinsi Bali

L.Suniati (Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Nalanda Jakarta)
Muljadi Muljadi (Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Nalanda Jakarta)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kepemimpinan Situasional terhadap Kinerja Guru Sekolah Minggu Buddha Se-Provinsi Bali, untuk menguji pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Minggu Buddha Se- Provinsi Bali, dan untuk menguji pengaruh Kepemimpinan Situasional dan Budaya Organisasi secara bersama -sama terhadap Kinerja Guru Sekolah Minggu Buddha Se-Provinsi Bali. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 60 responden dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner atau angket tertutup. Hasil regresi linier berganda, menunjukkan variabel Kepemimpinan Situasional berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Guru dengan nilai koefisien korelasi (ry1) = 0.78, t hitung 9.59 > t tabel 1.67 signifikasi (α) 0.05. Variabel Budaya Organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Guru dengan nilai koefisien (ry2) = 0.82, t hitung 11.10 > t tabel 1.67 signifikasi (α) 0.05. Variabel Kepemimpinan Situasional dan Budaya Organisasi secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru dengan nilai koefisien korelasi (ry12) = 0.87, t hitung 13.65 > t table 1.67 signifikasi (α) = 0.05. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Kepemimpinan Situasional dan Budaya Oraganisasi secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Guru Sekolah Minggu Buddha Se-Provinsi Bali.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dv

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science

Description

The scope of the fields contained in Dharmavicaya Journal is dharma teachings to situations of social, political, educational, environmental, economic and mental ...