Berdasarkan hasil penelitian terdahulu yang dilakukan pada mahasiswa PAI FAI UM Pontianak, Mahasiswa sudah mampu membuat pertanyaan sesuai ketentuan sebuah pertanyaan yang baik namun masih banyak mahasiswa yang belum mampu menjelaskan materi yang mereka dapatkan. Maka peneliti merasa perlu untuk melakukan penelitian lanjutan. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Waktu pelakasanaan penelitian mulai bulan Maret 2019 sampai bulan September 2019 berlokasi di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak khususnya pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah Perkembangan Peserta Didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, dan Dokumentasi dengan analisis data yang digunakan yaitu rumus persentase. Luaran penelitian terdiri dari tiga, yaitu laporan substansi dan laporan keuangan, manuskrip publikasi dalam jurnal PAI, dan makalah seminar hasil (oral).Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: 1). Hasil persentase kelengkapan pembuatan RPPH yang disusun oleh dosen dengan menggunakan strategi ETH mencapai 100%, jika diukur dengan tolak ukur persentase tergolong kategori sangat baik. Berkaitan dengan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran PPD dengan menggunakan strategi ETH, siklus 1, terdapat 2 item sudah terlaksana dengan baik namun masih perlu perbaikan dan 17 mencapai 89,47%. Selanjutnya pada siklus 2 seluruh item terlaksana semua atau jika dipersentasekan mencapai 100%. Jika diukur dengan persentase keberhasilan kinerja, dapat dikategorikan sangat tinggi/sangat baik. 2). Terdapat peningkatan keterampilan menjelaskan mahasiswa dengan menggunakan strategi ETH pada mata kuliah Perkembangan Peserta Didik di FAI UM Pontianak yaitu pada siklus 1 mencapai 73,68% atau pada kategori Tinggi/Baik dan pada siklus 2 mencapai 89,47% tergolong pada kategori Sangat Tinggi/Sangat Baik.
Copyrights © 2019