Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 5, No 2 (2019): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI EVERY ONE IS A TEACHER HERE DENGAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK.

Wahdah Wahdah (Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Ahmad Mufahir (SMA Muhammadiyah 1 Pontianak)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2021

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara jelas tentang 1) Pelaksanaan strategi Everyone is a Teacher Here pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada siswa kelas XI MIPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. 2). Peningkatan hasil belajar hasil belajar siswa pada pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada siswa kelas XI MIPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Pontianak dengan menerapkan strategi Everyone is a Teacher Here. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan seting 2 siklus, setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Adapun lokasi penelitian adalah SMA Muhammadiyah 1 Pontianak di kelas XI MIPA 3.Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan yaitu 1). Pelaksanaan strategi Everyone is a Teacher Here  pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas XI MIPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Pontianak pada siklus I siklus I dapat dikategorikan “sangat baik”, karena mencapai 100%. Akan tetapi walaupun sudah pada kategori sangat baik, guru belum benar-benar menerapkan kegiatan pembelajaran dengan maksimal sehingga pembelajaran harus diperbaiki pada siklus selanjutnya. Pada siklus ke II guru sudah melaksanakan strategi  Everyone is a Teacher Here   dengan sangat baik sehingga dikategorikan “sangat baik” mencapai 100%. 2). Dengan menerapkan strategi Everyone is a Teacher Here  hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di kelas XI MIPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Pontianak dapat meningkat, yakni pada siklus I siswa yang dikategorikan tuntas mencapai 80 % dan pada siklus ke II sebesar 90 %, ini berarti terdapat peningkatan sebesar 10 %. Sehingga disarankan bahwa sebaiknya guru menggunakan strategi Everyone is a Teacher Here  karena terbukti strategi ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

TaK

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam (p-ISSN: 2442-756X , e-ISSN: 2528-4487) adalah terbitan berkala ilmiah yang fokus pada promosi hasil penelitian di bidang Ilmu Keguruan dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam ...