Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis (JAMB)
Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis Oktober 2020

PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN LOKASI TERHADAP VOLUME PENJUALAN ‘KIMI COLLECTION’ KOTA PAGAR ALAM

Elvera Elvera (STIE Lembah Dempo Pagaralam)
Yesita Astarina (STIE Lembah Dempo Pagaralam)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi online dan lokasi terhadap volume penjualan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research atau penelitian penjelasan dengan menggunakan uji hipotesis dan pendekatan kuantitatif. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah 214 orang konsumen Kimi ‘Collection’ Kota Pagar Alam yang berbelanja selama bulan Mei 2020. Data yang digunakan adalah hasil jawaban dari kuisioner yang disebarkan kepada sampel penelitian yang berjumlah 68 orang melalui perhitungan rumus Slovin. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial yang dapat dilihat dari hasil uji t menunjukkan bahwa variabel promosi online mempunyai tingkat signifikansi 0,773>0,05, sedangkan variabel lokasi mempunyai tingkat signifikansi 0,000<0,05. Berdasarkan perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel promosi online tidak berpengaruh terhadap volume penjualan, sedangkan variabel lokasi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Secara simultan promosi online dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, kedua faktor ini merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan minat konsumen untuk melakukan pembelian terutama variabel lokasi yang mempunyai pengaruh signifikan. Oleh karena itu, Kimi ‘Collection’ perlu meningkatkan upaya promosi online dan lebih memperhatikan lokasi usahanya untuk dapat meningkatkan volume penjualan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JAMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis (JAMB) is a journal to managed of Departement Administration Business, Politeknik Negeri Sriwijaya, for aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science ...