JITU : Journal Informatic Technology And Communication
Vol 4 No 2 (2020)

Penerapan HOTs Pada Media Pembelajaran Game Matematika Dengan Metode DGBL

Anugerah Bagus Wijaya (Universitas AMIKOM Purwokerto)
Randi Octavian Andriyono (Universitas AMIKOM Purwokerto)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2020

Abstract

Melalui hasil wawancara penulis dengan murid di SD Negeri 2 Kembangan diperoleh informasi bahwa murid yang kesulitan dalam pembelajaran dikelas pada matapelajaran Matamatika. Dalam dunia pendidikan banyak game edukasi yang sudah dibuat sebagai media pembelajaran untuk anak-anak. Digital Game Basic Learning (DGBL) adalah salah satu metode yang menggunakan teknologi game, sebuah game digital apa pun bisa dianggap sebagai media jika terdapat unsur pembelajaran didalamnya. Masih terdapat kesenjangan penting dalam literatur tentang DGBL, karena metode tersebut masih perlu penekanan pada hasil pembelajaran dalam lingkungan kelas yang lebih otentik, dalam hal ini adalah kajian dalam segi keterampilan berpikir penggunanya dalam proses memahami materi atau pembelajaranya. Higher-Order Thinking Skills (HOTs), adalah salah satu komponen utama dalam keterampilan berpikir kreatif dan kritis dan ini adalah tingkat tertinggi dalam hierarki proses kognitif. Metode pengembangan sistem yang penulis gunakan untuk mengembangan game edukasi ini adalah Digital Game Based Learning-Infrastructure Design (DGBL-ID). Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa game edukasi pembelajaran Matematika yang dibangun, dapat memberikan pengetahuan dan semangat belajar matematika pada siswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Library & Information Science

Description

JITU : Journal Informatic Technology And Communication adalah terbitan berkala ilmiah yang fokus pada teknologi informasi dan komunikasi yang berbentuk kumpulan/akumulasi pengetahuan baru, pengamatan empirik atau hasil penelitian, dan pengembangan gagasan atau usulan baru. Beberapa sub bidang ilmu ...