JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 7 No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Tipe Buzz Group terhadap Prestasi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Majene

Nurmiati Nurmiati (Universitas Sulawesi Barat)
Irmadani Irmadani (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui seberapa jauh peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode diskusi tipe buzz group; (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar antara kelas X MIA 1 yang menggunakan metode diskusi tipe buzz group dan kelas X MIA 4 yang tidak menggunakan metode diskusi tipe buzz group. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest two group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Majene. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas 25 peserta didik. Hasil pengolahan data pada uji hipotesis bahwa nilai kelas t eksperimen lebih kecil dari pada nilai t kelas kontrol (-33.417 < -17.748) maka kesimpulan adalah lebih besar perubahan nilai dikelas eksperimen dibanding kelas kontrol. Penggunaan metode diskusi tipe buzz group lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar lebih tinggi ditunjukkan dengan perbedaan rata-rata gain ternormalisasi untuk kelompok eksperimen (0.65) yang secara kuantitasi lebih besar daripada kelompok kontrol (0.40). Pada penelitian ini, metode diskusi tipe buzz group berpengaruh terhadap prestasi belajar biologi peserta didik pada konsep ekologi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...