JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 5, No 1 (2021): Februari

PENINGKATAN KEMAMPUAN WIRAUSAHA DAN PENDAMPINGAN USAHA PKK DI PERENGDAWE YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Alien Akmalia (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Lela Hindasah (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Abstrak: Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang dihadapi oleh para pemilik usaha yang tergabung dalam kelompok PKK RT 15 Pereng dawe, Balecatur, Sleman. Permasalahan yang dihadapi khalayak sasaran adalah pada aspek motivasi dan aspek pemasaran. Khalayak sasaran belum memiliki kemauan yang kaut untuk mengembangkan usahanya. Selain itu optimalisasi dalam pemasaran produk juga masih sangat perlu untuk ditingkatkan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk menumbuhkan kembali motivasi untuk mengembangkan usaha serta dapat meningkatkan penjualan produk melalui optimalisasi kegiatan pemasaran pada masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan metode praktik langsung, pelatihan dan pendampingan. Hasil kegiatan pengabdian ini yaitu: (1) pemilik usaha yang tergabung dalam PKK RT. 15, Perengdawe termotivasi untuk mengembangkan usahanya (2) pemilik usaha yang tergabung dalam PKK RT. 15, Perengdawe telah menyelesaikan uji produk yang mereka miliki (3) Pemilik usaha telah didampingi pembuatan media sosial untuk memasarkan produknya. Masing-masing khalayak sasaran telah mengikuti program pengabdian masyarakat sesuai dengan kebutuhan usaha masing-masing.  Abstract: This service activity is motivated by the problems faced by business owners who are members of the PKK RT 15 Pereng Dawe group, Balecatur, Sleman. The problems faced by the target audience are in the aspects of motivation and marketing aspects. The target audience does not yet have the strong will to develop their business. In addition, optimization in product marketing also needs to be improved. The purpose of this service activity is to regenerate motivation to develop a business and increase product sales through optimization of marketing activities during the Covid-19 pandemic. The method used in this activity is direct practice, training and mentoring methods. The results of these service activities are: (1) the target audience is motivated to develop their business (2) The target audience has completed testing of their products (3) The business owner has been accompanied by the creation of social media to market their products. Each target audience has participated in community service programs in accordance with their respective business needs

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...