cover
Contact Name
muhammad ikhsan
Contact Email
ichsan@uwgm.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jmm.ummat@gmail.com
Editorial Address
Jalan KH. Ahmad Dahlan No 1 Pagesangan, Kota Mataram - NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
ISSN : 25988158     EISSN : 26145758     DOI : 10.31764/jmm.v4i2.1962
Core Subject : Education,
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research and technology to be realized in the community, including (1) Fields of science, applied, social, economic, cultural, health, ICT development, and administrative services, (2) Training and improvement in the results of educational, agricultural, information and communication, and religious technology (3) Teaching and empowering communities and communities of students, youth, youth and community organizations on an ongoing basis
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 1,711 Documents
PELATIHAN PENGGUNAAN JARAK TANAM YANG IDEAL UNTUK MENUNJANG PRODUKTIVITAS RUMPUT LAUT Paulus Edison Plaimo; Imanuel Lama Wabang; Ferdinand Romelus Anigomang
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol 5, No 2 (2021): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.689 KB) | DOI: 10.31764/jmm.v5i2.4176

Abstract

Abstrak: Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mitra (masyarakat) mengenai pentingnya menggunakan pola jarak tanam pada bibit rumput laut dalam proses pembudidayaan rumput laut pada masyarakat pembudidaya Desa Allumang, hal ini sangat penting, untuk meningkatan kualitas rumput laut yang berdampak pada standar mutu kebutuhan pasar. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dilakukan dalam beberapa tahapan antara lain: (1) Tahap Persiapan; (2) tahap pelaksanaan kegiatan; (3) tahap evaluasi. Pelaksanaan kegiatan penyuluhan dan pelatihan terkait penggunaan pola jarak tanam pada bibit rumput laut yang hendak dibudidaya dikatakan berhasil, oleh sebab adanya perubahan pengetahuan dan pemahaman masyarakat pembudidaya yang tergambar dari kemampuan ketrampilan masyarakat pembudidaya rumput laut Desa Allumang yang sudah menerapkan teknik ini, setelah kegiatan penyuluhan dan pelatihan selesai dilakukan. Abstract:  The implementation of this community service activity aims to improve the understanding of partners (community) about the importance of using planting distance patterns on seaweed seedlings in the process of seaweed cultivation in the allumang village breeding community, this is very important, to improve the quality of seaweed that has an impact on the quality standards of market needs. Methods of implementation of community service activities, carried out in several stages, among others: (1) Preparation Stage; (2) the stage of implementation of activities; (3) evaluation stage. The implementation of counseling and training activities related to the use of planting distance patterns on seaweed seedlings to be cultivated is said to be successful, because of the change in knowledge and understanding of the cultivating community drawn from the skills of the seaweed farming community of Allumang Village who have applied this technique, after the counseling and training activities have been completed.
PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISA DAN INTERPRETASI DATA MAHASISWA MELALUI PELATIHAN PROGRAM SPSS Raoda Ismail; Febriani Safitri
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol. 3, No. 2: Desember 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.077 KB)

Abstract

Abstrak: Pada dasarnya mahasiswa tingkat akhir yang menyusun tugas akhir sering mengalami kesulitan pada saat interpretasi data hasil penelitian. Sebagian besar mahasiswa belum mempunyai pengalaman dalam melakukan penelitian dan belum mengetahui program yang dapat digunakan untuk membantu dalam mengolah data, walaupan sudah mengetahui program yang dapat membantu mengolah data namun belum dapat mengoperasikan program tersebut. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan bagi mahasiswa yang bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk mengolah data dengan menggunakan aplikasi program pengolah data Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Kegiatan pelatihan menggunakan metode penyuluhan, diskusi, dan workshop. Mitra kegiatan pada pelatihan ini adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih. Pelatihan yang dilakukan telah berhasil meningkatkan 70% kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menguasai SPSS.Abstract:  Basically, the final year students who make up the final project often experience confusion when processing research data. Most students do not have experience in conducting research and do not know a program that can be used to assist in processing data, even though they already know a program that can help process data but cannot use the program yet. Therefore, training is needed for students who aim to provide data processing skills by utilizing the application of Statistical Product and Service Solutions (SPSS) data processing programs. Training activities use counseling methods, discussions, and workshops. The activity partners in this training are the Teaching and Education Faculty of Cenderawasih University. The training carried out has succeeded in increasing 70% of students' abilities in understanding and mastering SPSS.
SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI VIDEO CONFERENCE BAGI DOSEN DAN MAHASISWA UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMIC COVID-19 Deri Teguh Santoso; Rianita Puspa Sari
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol 4, No 6 (2020): DESEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (966.918 KB) | DOI: 10.31764/jmm.v4i6.3110

Abstract

Abstrak: Pandemi Covid-19 tidak hanya mengguncang sektor indutri dan pariwisata, namun juga sektor Pendidikan di Dunia. UNESCO memberikan solusi pembelajaran jarak jauh bagi sistem Pendidikan, kehadiran industry 4.0 membuat transformasi digital semakin cepat yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran jarak jauh berupa pemanfaatan aplikasi video conference. Zoom merupakan aplikasi yang dirasa efektif dalam membuat interaksi setiap peserta secara visual, tulisan dan lisan. Aplikasi video conference dapat memberikan pembelajaran jarak jauh yang interaktif dan real-time sehingga dapat menjadi media pengganti tatap muka. Maka dari itu, pengabdian ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi aplikasi video conference bagi Dosen dan Mahasiswa dengan menggunakan metode video edukasi yang disebarkan melalui platform youtube untuk menunjang pembelajaran daring/jarak jauh di masa pandemic Covid-19. Proses pelaksanaan kegiatan dilakukan secara daring disebarkan pada grup WhatsApp Dosen dan Mahasiswa Fakultas Teknik Unsika, Dosen Magang UGM-2018, Dosen TMI 2013 dan grup Facebook Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) dan Asosiasi Dosen Indonesia (ADI), dengan 234 responden yang mengisi kuesioner. Hasil menujukkan adanya peningkatan penggunaan aplikasi Zoom dari 53% menjadi 94,9% setelah dilakukannya sosialisasi, serta dapat diketahui 94% aplikasi yang banyak digunakan setelah sosialisasi dari video di youtube merupakan aplikasi zoom. Selain itu, pengabdian ini memberikan dampak pada minat perilaku pada penggunaan aplikasi, pemahaman aplikasi, menambah informasi fitur-fitur aplikasi, menimbulkan ketertarikan, rekomendasi dan efektivitas, sehingga video conference khususnya aplikasi zoom dapat diterapkan untuk menunjang pembelajaran jarak jauh.Abstract:  The Covid-19 pandemic has not only shaken the industry and tourism sector, but also the education sector in the world. UNESCO provides distance learning solutions for the education system, the presence of industry 4.0 makes digital transformation faster which can be used for distance learning in the form of using video conferencing applications. Zoom is an application that is considered effective in making the interaction of each participant visually, in writing and orally. Video conferencing applications can provide interactive and real-time distance learning so that it can become a face-to-face replacement medium. Therefore, this service aims to disseminate the video conference application for lecturers and students by using the educational video method distributed through the YouTube platform to support online / distance learning during the Covid-19 pandemic. The process of implementing activities carried out online is distributed to the WhatsApp group for Lecturers and Students of the Unsika Faculty of Engineering, UGM Internship Lecturers-2018, 2013 TMI Lecturers and the Facebook group of the Indonesian Lecturer Association (IDRI) and the Indonesian Lecturer Association (ADI), with 234 respondents filling out questionnaires . The results show an increase in the use of the Zoom application from 53% to 94.9% after the socialization, and it can be seen that 94% of applications that are widely used after socializing from videos on YouTube are zoom applications. In addition, this service has an impact on behavioral interest in application use, understanding applications, adding information to application features, generating interest, recommendations and effectiveness, so that video conferencing, especially zoom applications, can be applied to support distance learning.
THE INFLUENCE OF ENTREPRENEURSHIP KNOWLEDGE AND SELF EFFICACY TOWARDS ENTREPRENEURIAL INTENTION STUDENTS OF CLASS XI IPS SENIOR HIGH SCHOOL Mia Sumiasih Mauludiana; Nono Supriatna; Janah Sojanah
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol 4, No 3 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.371 KB) | DOI: 10.31764/jmm.v4i3.2493

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan self-efficacy pada intensi berwirausaha di SMA Muhammadiyah 3 Plus, Bandung. Secara teknis, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode explanatory survey. Partisipan penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Plus, Bandung. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner. Data dikumpulkan, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan nilai signifikansi 5%. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan kewirausahaan dan self-efficacy berpengaruh terhadap intensi berwirausaha di SMA Muhammadiyah 3 Plus, Bandung.Abstract:  The purpose of this research is to analyse the influence of entrepreneurship knowledge and self-efficacy on entrepreneurial intention in Muhammadiyah 3 Plus High School, Bandung. Technically, the method used in this research is a form of quantitative research using the explanatory method of survey. The study participants were XI grade students at SMA Muhammadiyah 3 Plus, Bandung. The Data used in this study were gathered through questionnaires. The Data was collected, then analyzed using multiple regression analyses with a significance value of 5%. Research findings show that entrepreneurship knowledge and self-efficacy have an effect on entrepreneurial intention in Muhammadiyah 3 Plus High School, Bandung
MENINGKATKAN PENGETAHUAN CARA MENCUCI TANGAN DAN PENGGUNAAN MASKER YANG BENAR MELALUI PENYULUHAN KESEHATAN PADA ANAK Ria Setia Sari; Gena Devitria; Gita Veronica Ginting; Fitra Herawati; Fitri Amalia Syaputri; Fitria Rizqiyah; Fitriatul Masdiah; Fitriyani Fitriyani; Geby Mora; Gismaka Qoirunissa Putri; Hanny Putri Ristianadewi; Hilmatunnisa Setia Rahayu; Ibnu Baidillah; Ika Fitriani; Izhar Ibrahim; Jumiyati Jumiyati; Kholik Kholik
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol 5, No 2 (2021): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.403 KB) | DOI: 10.31764/jmm.v5i2.4056

Abstract

Abstrak: Perilaku mencuci tangan menggunakan sabun dan handsanitizer untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit dan penggunaan masker adalah salah satu langkah pencegahan yang dapat membatasi penyebaran penyakit-penyakit saluran pernapasan tertentu yang diakibatkan oleh virus. Tujuan Kegiatan : Meningkatkan pengetahuan anak dan juga orang tua mengenai cara cuci tangan dan  penggunaan masker yang benar. Metode Kegiatan : Melalui penyuluhan dengan menggunakan video pembelajaran dan praktik langsung dengan handsanitizer, kegiatan ini diikuti oleh 20 anak dan kegiatan dilakukan secara daring dan luring. Hasil Kegiatan : Terdapat peningkatan pengetahuan anak dan kemandirian anak dalam pengetahuan dan praktek cara cuci tangan dan penggunaan masker yang benar sebesar (85%). Abstract:The behavior of washing hands using soap and handsanitizer to break the chain of disease transmission and the use of masks is one of the preventive measures that can limit the spread of certain respiratory diseases caused by viruses. Activity Objective: Increase the knowledge of children and parents about how to wash hands and use masks correctly. Activity Methods: Through outreach using instructional videos and hands-on hands-on practice, this activity was attended by 20 children and activities were carried out online and offline. Results of the activity. There was an increase in children's knowledge and independence in the knowledge and practice of how to wash hands and use masks correctly (85%).
PENINGKATAN KOMPETENSI ICT GUNA SIMULASI UNBK SISWA MTS NURUL IHSAN KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH Habibi Ratu Perwira Negara; Farah Heniati Santosa; Samsul Bahri
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol 1, No 1: Desember 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1096.886 KB) | DOI: 10.31764/jmm.v1i1.7

Abstract

Kegiatan Peningkatan Kompetensi ICT guna Simulasi UNBK ini bertujuan untuk memberikan penguatan kepada siswa-siswa kelas IX Mts. Nurul Ihsan Sukarara Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Barat. Pelaksanaan simulasi berlangsung dengan memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk menjalankan aplikasi UNBK dan menyelesaikan beberapa soal pada paket soal yang diberikan. Kegiatan simulasi berlangsung selama 2 tahap, dimana tahap kedua merupakan penguatan kembali kepada siswa-siswa yang masih dirasa kurang dalam proses simulasi yang dilakukan pada tahap 1. Kesimpulan yang diperoleh dari kegiatan Peningkatan ICT ini adalah (1) Siswa memahami fungsi setiap tombol aplikasi UNBK yaitu, tombol memulai pengerjaan soal, tombol paket soal, tombol jawaban dan melihat hasil ujian, (2) Siswa mulai terbiasa menggunakan aplikasi UNBK serta menjawab soal pada paket soal yang telah dipilih.
KAMPANYE PEMANFAATAN PANGAN FUNGSIONAL UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH DALAM MENGHADAPI PANDEMI DI KABUPATEN BOYOLALI Vivi Nuraini; Kapti Rahayu Kuswanto
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol 4, No 5 (2020): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.204 KB) | DOI: 10.31764/jmm.v4i5.3059

Abstract

Abstrak: Desa Cepogo pernah tercatat sebagai daerah zona merah, hal ini dikarenakan terdapat beberapa warga desa Cepogo yang positif Covid-19. Hal tersebut menimbulkan keresahan warga desa,sehingga dikhawatirkan akan mempengaruhi imunitas tubuh warga desa. Pemerintah desa secara masif melakukan kampanye terkait protokol kesehatan untuk menekan jumlah penyebaran Covid-19. Selain kampanye terkait protokol kesehatan, kampanye tentang pola hidup sehat dan konsumsi makanan bergizi juga perlu dilakukan untuk hasil yang lebih optimal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu dalam kampanye konsumsi makanan bergizi berbasis pangan fungsional. Metode pelaksanan dilakukan dengan penyebaran video pembelajaran melalui media sosial. Evaluasi pelaksanan kegiatan dilakukan dengan  metode pretest dan posttest. Peserta mengisi pre-test melalui google form sebelum mendapatkan informasi tentang pangan fungsional. Selanjutnya, peserta diminta mendengarkan radio atau melihat video pembelajaran sebagai syarat sebelum mengisi post-test. Hasil data pre-test menunjukkan lebih dari 90% peserta belum mengetahui tentang pangan fungsional. Namun, setelah mendapatkan informasi melalui radio atau media sosial, lebih dari 95% peserta memahami tentang pengaruh pangan fungsional dan memiliki keinginan untuk mengkonsumsi pangan fungsional untuk meningkatkan imun tubuh selama pandemi. Abstract:  Cepogo Village was once recorded as a Covid-19 red zone area because some of its residents were affected by Covid-19. This raises villagers unrest, so there is concern that it will affect the immunity of the villagers. The village government has carried out a massive campaign related to health protocols to reduce the number of spread of Covid-19. In addition to health protocols related campaign, a campaign about healthy lifestyles and the consumption of nutritious foods are also needed for optimal results. This service activity aims to assist in the campaign for the consumption of nutritious foods based on functional foods. The campaign was carried out by distributing instructional videos through social media and village radio. Evaluation of the implementation of activities is carried out using the pre-test and post-test methods. Participants completed a pretest through google form before getting information about functional food. Furthermore, participants are asked to listen to the radio or watch the learning video as a requirement before completing the post-test. The results of the pre-test data showed that more than 90% of the participants did not know about functional food. However, after obtaining information via radio or social media, more than 95% of participants understood about the effects of functional foods and had a desire to consume functional foods to increase the body's immunity during the pandemic.
PENDAMPINGAN DALAM PENENTUAN PRIORITAS PENGEMBANGAN WISATA KABUPATEN BANGKALAN Mohtar Rasyid
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol 4, No 2 (2020): JUNI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.974 KB) | DOI: 10.31764/jmm.v4i2.1886

Abstract

Abstrak: Kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pendampingan dalam penentuan prioritas pembangunan bertujuan untuk membantu aparat daerah dalam menentukan strategi pengembangan wilayah untuk wisata lokal. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Bangkalan dengan Pihak Universitas Trunojoyo Madura. Metode pelaksanaan secara umum terbagi dalam tiga tahap. Pertama, identifikasi masalah penentuan prioritas pembangunan. Dalam tahap ini, tim dari Universitas Trunojoyo Madura melakukan studi awal untuk mengidentifikasi problem dan berbagai alternatif pemecahan masalah. Kedua, penyampaian hasil temuan awal dan kolaborasi dengan pihak Balitbangda Kabupaten Bangkalan sebagai mitra kegiatan. Ketiga, sosialisasi hasil kegiatan dalam bentuk diseminasi hasil kegiatan pengabdian masyarakat. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa identifikasi prioritas pengembangan wilayah berhasil dilakukan. Selanjutnya, aparat pemerintah dapat menggunakan pendekatan yang sama untuk menentukan prioritas pengembangan wilayah untuk kasus yang berbeda.Abstract:  Community service activities in the form of assistance in determining development priorities aim to assist regional officials in determining regional development strategies for local tourism. This activity was carried out as a follow up to the cooperation agreement between the District Government of Bangkalan and Universitas Trunojoyo Madura. The method of implementation is generally divided into three stages. First, identify the problem of determining development priorities. In this stage, a team from the University of Trunojoyo Madura conducted a preliminary study to identify problems and various alternative solutions to problems. Second, delivery of initial findings and collaboration with the Balitbangda Bangkalan as the activity partner. Third, the dissemination of results of activities in the form of dissemination of the results of community service activities. The results of the activities showed that the identification of priority for regional development was successfully carried out. Furthermore, government officials can use the same approach to determine regional development priorities for different cases
MENINGKATKAN SKILL BERWIRAUSAHA MELALUI MANAJEMEN KEUANGAN ONLINE, INOVASI PRODUK, PENJUALAN ONLINE, DAN HANDYCRAFT Siti Sumartiah; Alfiatul Maulida; Agus Dwi Cahya; Salsa Bella Larasati
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol. 3, No. 2: Desember 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.521 KB) | DOI: 10.31764/jmm.v0i0.1264

Abstract

Abstrak: Tujuan dari kegiatan ini terciptanya produk dan bertambahnya pengetahuan tentang barang Handycraft misalkan tas dari kain percah, Skill dalam mengatur keuangan dibuktikan dengan serfikat pelatihan, Skill dalam menjual produk secara online dan dibuktikan dengan kepemilikan akun bisnis di social media sehinggan bisa mampu memberkan inovasi produk dan memperoleh konsumen yang lebih luas baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Kegiatan yang dilaksanakan berupa pelatihan Manajemen Aset Online, Inovasi Produk, Penjualan Online, Dan Handycraft serta pratik. Hasil dari kuisioner online atas pelaksanaan kegiatan abdimas menunjukkan bahwa 100% peserta termotivasi untuk berwirausaha, 58% peserta memahami tentang inovasi produk, 100% peserta mengerti bagaimana membuat handycraft, dan 100% peserta mengerti dan memahami tentang promosi digital. Akantetapi, masih banyak yang kurang mengerti akan pengaplikasian manajemen keuangan online.Abstract:  The purpose of this activity is the creation of products and increasing knowledge about handicraft items such as bags made of woven cloth, skills in managing finances proven by training certificates, skills in selling products online and proven by ownership of business accounts in social media so that they can be able to provide product innovation and obtain product innovation wider consumers both domestically and abroad. The activities carried out in the form of training in Online Asset Management, Product Innovation, Online Sales, and Handicraft and practices. The results of the online questionnaire on the implementation of community service activities showed that 100% of participants were motivated to become entrepreneurs, 58% of participants understood about product innovation, 100% of participants understood how to make handicrafts, and 100% of participants understood and understood about digital promotion. However, there are still many who do not understand the application of online financial management.
PELATIHAN PEMBUATAN SOAL HOTS DAN PENGGUNAAN SOFTWARE WONDERSHARE QUIZ CREATOR KEPADA GURU SMA YPK MERAUKE Jesi Jecsen Pongkendek; Dewi Natalia Marpaung
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol 5, No 1 (2021): Februari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.665 KB) | DOI: 10.31764/jmm.v5i1.3761

Abstract

Abstrak:  Pendidikan saat ini menuntut guru harus mampu mengembangkan penilaian terhadap peserta didik yang dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan melaksanakan ujian berbasis komputer (CBT). Software Wondershare Quiz Creator dapat digunakan dalam pelaksanaan CBT. Tujuan dilaksanakan pengabdian ini yaitu memberikan pemahaman kepada guru dalam menyusun soal HOTS, memberikan kemampuan kepada guru untuk dapat menggunakan software Wondershare Quiz Creator, dan mengaplikasikan soal ujian yang telah disusun ke dalam software Wondershare Quiz Creator. Metode pelaksanaan pengabdian ini yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada bagian akhir kegiatan diberikan angket respon peserta. Data respon peserta dianalisis secara deskriptif untuk memperoleh presentasi respon peserta untuk setiap aspek. Berdasarkan hasil pengabdian ini, dapat disimpulkan antara lain (1) guru telah mampu menyusun soal HOTS, (2) guru mampu menggunakan software Wondershare Quiz Creator, (3) guru mampu menginput soal kedalam software Wondershare Quiz Creator, (4) antusias peserta dalam mengikuti kegiatan pelatihan, dan (5) respon peserta yang sangat baik lewat hasil angket respon peserta (materi 1 = 96,6%, materi 2 = 96,7%, dan software Wondershare Quiz Creator = 95,8%). Abstract:  Current education requires teachers to be able to develop assessments of students who can measure higher order thinking skills (HOTS) and carry out computer-based exams (CBT). Wondershare Quiz Creator software can be used in CBT implementation. The purpose of this service is to provide understanding to teachers in compiling HOTS questions, giving teachers the ability to use the Wondershare Quiz Creator software, and to apply exam questions that have been compiled into the Wondershare Quiz Creator software. The method of implementing this service is preparation, implementation and evaluation. At the end of the activity a participant response questionnaire was given. Participant response data were analyzed descriptively to obtain a presentation of participant responses for each aspect. Based on the results of this dedication, it can be concluded that (1) the teacher has been able to compile HOTS questions, (2) the teacher is able to use the Wondershare Quiz Creator software, (3) the teacher is able to input questions into the Wondershare Quiz Creator software, (4) the participants' enthusiasm in following training activities, and (5) excellent participant responses through the results of participant response questionnaires (material 1 = 96.6%, material 2 = 96.7%, and Wondershare Quiz Creator software = 95.8%).

Page 1 of 172 | Total Record : 1711