Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh model inquiry terhadap kemandirian belajar matematika siswa kelas V di SDN 10 Mataram tahun ajaran 2020/2021.Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampel. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada di SDN 10 Mataram tahun ajaran 2020/2021. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas V.a sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V.b sebagai kelas kontrol. Data kemandirian belajar matematika siswa dianalisis menggunakan uji-t sampel independent dengan bantuan program analisis statistic SPSS 18 for windows dengan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,026 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Adapun Ha dalam penelitian ini adalah “ada pengaruh model inquiry terhadap kemandirian belajar matematika siswa kelas V di SDN 10 Mataram tahun ajaran 2020/2021.
Copyrights © 2021