Jurnal Pelita Pendidikan
Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Pelita Pendidikan

Analisis Pemahaman Konsep Siswa Materi Archaebacteria dan Eubacteria

Noni Dynawati Turnip (Universitas Negeri Medan)
Hasruddin Hasruddin (Unknown)
Riama Sirait (Unknown)
Mariaty Sipayung (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep pada materi Archaebacteria dan Eubacteria di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 159 orang. Sampel dalam penelitian ini terdidiri dari 3 kelas sebanyak 95 orang yang diambil secara Random sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data dari penelitian ini berupa tes pilihan berganda dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukan pemahaman konsep siswa 20% baik sekali, 32% baik, 8 % sedang dan 40% kurang. Berdasarkan indikator soal,  pemahaman konsep siswa tertinggi 76% terdapat pada indikator membedakan Archaebacteria dan Eubacteria dan pemahaman konsep terendah 59% terdapat pada indikator membedakan reproduksi bakteri secara aseksual dan seksual.Kata kunci: Archaebacteria, Eubacteria, Pemahaman konsep

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pelita Pendidikan, an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles and review articles from contributors related to biological education research. This journal encompasses original research articles and review articles, including: Learning models Learning ...