Jurnal Pelita Pendidikan
Vol 6, No 3 (2018): Jurnal Pelita Pendidikan

Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajar Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dengan Card Sort pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA Negeri 1 Binjai

Diana Puspita (Unknown)
Puji Prastowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match dengan Card Sort pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat tahun pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dan rancangan penelitian yang digunakan adalah “Only Post-test Group Design”. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA. Sampel penelitian diambil secara random sampling (sampel acak) yang berjumlah 86 orang terdiri dari 2 kelas.  Kelas XI IPA 3 diajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match dan kelas XI IPA 2 diajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Card Sort. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Index Card Match (81,04±9,42) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Card Sort (75,81±9,99). Hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa hasil tersebut berbeda secara signifikan pada taraf kepercayaan .Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Index Card Match, Card Sort

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pelita Pendidikan, an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles and review articles from contributors related to biological education research. This journal encompasses original research articles and review articles, including: Learning models Learning ...