Jurnal Pelita Pendidikan
Vol 3, No 4 (2015): Jurnal Pelita Pendidikan

Analisis Skripsi Guna Membangun Roadmap Penelitian Prodi Pendidikan Biologi

Wasis Wuyung Wisnu Brata (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui profil penelitian yang telah dilakukansebelumnyasebagai dasar mengembangkanroadmap prodi pendidikan biologiUnimed.Hasil penelitian menunjukan penelitian skripsi Prodi Pendidikan BiologiUnimed didominasi oleh penelitian tentang penerapan model/ metode pembelajaran(64%). Sebagian kecil diantaranya media pembelajaran, kurikulum, profesionalismeguru, dan beberapa tema lain. Sedangkan penelitian tentang asesmen belum pernahdilakukan. Diantara model-model dan metode-metode yang diteliti,mahasiswa palingbanyak melakukan penelitian tentang model/metode kooperatif. Analisis lebih lanjutmenunjukan bahwa model-model kooperatif yang selalu diteliti setiap tahun antara lainmodel Numbered Head Together (NHT), Jigsaw, Student Team Achievement Division(STAD), Think-Pair-Share (TPS), Teams Games Tournament (TGT), dan metodebermain peran. Roadmap penelitian yang akan dilakukan selanjutnya dikembangkandengan mengacu kepada: (1) capaian penelitian sebelumnya; (2) perkembangan iptekdan penelitian dalam keilmuan pendidikan biologi; (3) visi dan misi prodi sebagai arahpenelitian dalam kurun waktu tertentu. Berdasarkan hal tersebut, selanjutnyaditurunkan beberapa aspek terkaityang akan menjadi isu dalam merumuskanpermasalahan-permasalahan penelitian. Aspek tersebut adalah model pembelajaranberorientasi hakikat sains, asesmen, media pembelajaran, identifikasi miskonsepsi danstrategiremediasi.Kata Kunci: roadmap penelitian, skripsi, pendidikan biologi

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pelita Pendidikan, an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles and review articles from contributors related to biological education research. This journal encompasses original research articles and review articles, including: Learning models Learning ...