Jurnal Pelita Pendidikan
Vol 7, No 4 (2019): Jurnal Pelita Pendidikan

PRAKTIKALITAS MODUL MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL)

Diana Susanti (STKIP PGRI Sumatera barat)
Vivi Fitriani (Unknown)
Liza Yulia Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2020

Abstract

Media pembelajaran biologi mengajarkan mahasiswa untuk menciptakan media di SMP/SMA. Dalam pelaksanaan perkuliahan media yang diciptakan mahasiswa banyak yang tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran, selain itu bahan ajar yang tersedia untuk membantu mahasiswa dalam menciptakan media biologi SMP/SMA tersebut belum memadai. Maka dikembangkan modul media pembelajaran biologi berorientasi Project Based Learning (PjBL). Pengembangan modul tersebut telah dilakukan sampai tahap validitas dengan hasil sangat valid. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat hasil praktikalitas modul media pembelajaran biologi berbasis project based learning (pjBL). Penelitian ini merupakan penelitain pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas 4 tahap yaitu define, design, develop, and disseminate. Pada penelitian ini hanya tahap develop yaitu uji praktikalitas. Data penelitian diperoleh dari angket praktikalitas yang diberikan pada dosen dan mahasiswa dan diolah dengan analisis deskriptif. Hasil praktikalitas oleh dosen memperoleh rerata 96,17% (sangat praktis) dan rerata mahasiswa 81,90% (sangat praktis).  Kesimpulan dari penelitian ini adalah dihasilkan modul media pembelajaran biologi berorientasi Project Based Learning (PjBL) sangat praktis dari dosen dan mahasiswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pelita Pendidikan, an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles and review articles from contributors related to biological education research. This journal encompasses original research articles and review articles, including: Learning models Learning ...