Jurnal Pelita Pendidikan
Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Pelita Pendidikan

HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBUAT PETA KONSEP DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA

Annisa Maulida Maurisa (Unknown)
Herkules Abdullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2016

Abstract

Hubungan kemampuan membuat peta konsep dengan hasil belajar siswa di kelas XI MIA pada materi pokok sistem ekskresi manusia di SMA Negeri 1 Labuhan Deli Tp. 2015/2016 dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Labuhan Deli dengan membuat ringkasan materi menggunakan peta konsep dan melihat hasil tes siswa sebagai hasil korelasinya. Dari hasil analisis data dan pengujian hipotesis ada beberapa hal yang menjadi temuan dalam penelitian ini yakni; rata-rata kemampuan membuat peta konsep siswa adalah 76,03, sedangkan hasil belajar siswa pada materi pokok sistem ekskresi manusia memiliki rata-rata 75,67. Hasil uji hipotesis thitung > ttabel (9,918 > 2,04), dengan demikian maka hipotesis (Ha) dalam penelitian ini diterima sekaligus menolak Ho dengan kata lain ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan membuat peta konsepĀ  dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan uji koefisien determinasi didapatkan kontribusi peta konsep sebesar 76,04%. Dengan melihat keberhasilan membuat ringkasan materi dengan menggunakan peta konsep dalam pengajaran sistem ekskresi manusia, maka perlu dipikirkan untuk aplikasi strategi peta konsep ini dalam pengajaran materi biologi lain atau untuk pengajaran materi pelajaran bidang studi lain di luar mata pelajaran biologi. Kata kunci: kemampuan, peta konsep, hasil belajar, sistem ekskresi manusia.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pelita Pendidikan, an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles and review articles from contributors related to biological education research. This journal encompasses original research articles and review articles, including: Learning models Learning ...