Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
Vol 2 No 1 (2019): Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat

Strategi Dinas Penerangan Kodam III/Siliwangi dalam Meningkatkan Citra Positif

Gandung Nuswantoro (Jurusan Humas UIN Sunan Gunung Djati)
Yusuf Zaenal Abidin (Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)
Paryati Paryati (Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2020

Abstract

Pendam III/Siliwangi dalam menjalankan tugas adalah menyampaikan informasi secara benar dan profesional. Memberikan tanggapan yang simpatik manakala ada suatu informasi yang dianggap dapat merugikan citra positif Kodam III/Siliwangi. Selain itu sebagai institusi yang sekaligus agen informasi, bertugas mengolah informasi, mengelola informasi, baik untuk pihak internal maupun eksternal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilaksanakan oleh Pendam III/Siliwangi dalam meningkatkan citra positif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kerangka berfikir atau landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu menggunakan teori strategi yaitu formulasi misi, tujuan dan objektif dasar perusahaan, program dan kebijakan untuk mencapainya dan metode yang diperlukan untuk memastikan bahwa strategi di implementasikan untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan. teori citra di dalamnya terdapat jenis-jenis citra (mirror image, current image, wish image, multiple image). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang dilakukan Pendam III/Siliwangi yaitu melaksanakan program-progam kegiatan dalam rangka untuk meningkatkan citra positif. Dalam meningkatkan citra memperhatikan unsur citra yaitu (mirror image, current image, wish image, multiple image) sebagai acuan meningkatkan citra positif. Pendam III/Siliwangi in carrying out the duty is to convey information correctly and professional. Provide sympathetic responses when there is information that is considered to harm the positive image of Kodam III/Siliwangi. In addition, as an institution as well as an information agent, in charge of processing information, managing information, both for internal and external parties. The purpose of this research is to know the strategy implemented by Pendam III/Siliwangi in improving the positive image. The research method used is qualitative study method. The data collection technique in this research is done by interview, observation and documentation. The framework of thinking or the theoretical basis used in this research, which is using strategy theory is mission formulation, objective and basic objective of company, program and policy to achieve it and method needed to ensure that strategy implemented to achieve company goals. image theory in it there are types of images (mirror image, current image, wish image, multiple image). The result of this research shows that the strategy of Pendam III/Siliwangi is to carry out activities programs in order to improve the positive image. In improving the image pay attention to the image element that is (mirror image, current image, wish image, multiple image) as a reference to improve the positive image.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

reputation

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan ...