Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
Vol 2 No 1 (2019): Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat

Manajemen Humas dalam Memelihara Citra Perusahaan

Rimayanti Rimayanti (Jurusan Humas, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)
Ruhiyat Ruhiyat (Jurusan Manajemen Dakwah)
Abdul Rasib (Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2020

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang proses manajemen humas yang dilakukan oleh humas PT.Pindad (Persero) dalam rangka memelihara citra perusahaan memalui program penerimaan kunjungan industri. Penelitian yang dilakukan menggunakan paradigma konstruktivisme, metode kualitatif dan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui proses pemeliharaan citra melalui kunjungan industri secara mendalam dan menyeluruh. Konsep yang digunakan adalah konsep four steps public relations dari Cutlip, Center and Broom, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipatori pasif, dan wawancara mendalam. Teknis analisis yang digunakan adalah reduksi data dan penyajian data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen yang dilakukan oleh Humas PT.Pindad (Persero) dalam mengelola program kunjungan industri memiliki pengaruh terhadap pemeliharaan citra yang dilakukan oleh perusahaan dan sesuai dengan konsep four steps public relations dari Cutlip, Center and Broom yakni proses perencanaan dengan menetapkan tujuan, melakukan operasionalisasi persuratan, menyiapkan tempat, membuat schedule dan rundown acara dan melakukan briefieng. Proses implementasi dengan melakukan pemaparan materi dan plant tour. Proses evaluasi beserta pencarian data dan fakta dengan mewawancarai pengunjung dan evaluasi tahunan perusahaan. This paper describes the public relations management process carried out by public relations of PT. Pindad (Persero) in order to maintain the company's image through the industrial visit acceptance program. The research was conducted using the constructivism paradigm, qualitative methods and case study approaches that aim to find out the image maintenance process through in-depth and comprehensive industrial visits. The concept used is the concept of four steps public relations from Cutlip, Center and Broom, using passive participatory observation data collection techniques, and in-depth interviews. The analysis technique used is data reduction and data presentation. The results of this study indicate that the management carried out by Public Relations PT.Pindad (Persero) in managing industrial visit programs has an influence on image maintenance carried out by the company and in accordance with the concept of four steps public relations from Cutlip, Center and Broom namely the planning process by setting purpose, operationalize correspondence, prepare a place, make a schedule and rundown of the event and do a briefieng. The implementation process is by presenting material and plant tour. The evaluation process along with data and fact searches by interviewing visitors and annual evaluations of the company.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

reputation

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan ...