Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
Vol 2 No 1 (2019): Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat

Peran Manajemen Krisis Sebagai upaya mempertahankan citra

Ririn Riyani Triastuti (Ilmu Humas,Fakultas Dakwah dan Komunikasi,UIN Sunan Gunung Djati,Bandung)
Abdul Aziz Ma'arif (Ilmu Humas,Fakultas Dakwah dan Komunikasi,UIN Sunan Gunung Djati,Bandung)
Ruhiyat Ruhiyat (Ilmu Humas,Fakultas Dakwah dan Komunikasi,UIN Sunan Gunung Djati,Bandung)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2020

Abstract

ABSTRAK Manajemen krisis sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang sedang mengalami krisis khususnya di PT Dirgantara Indonesia (Persero). Manajemen krisis ini jika perusahaan mengalami krisis maka pihak manajemen harus mengembalikan kondisi perusahaan dengan menggunakan proses manajemen krisis ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa proses manajemen krisis yang telah dilakukan oleh Humas yaitu proses mengidentifikasi, mengisolasi dan mengendalikan krisis di PT Dirgantara Indonesia (Persero). Proses ini merupakan rangkaian dari strategi 3P yaitu strategi pencegahan, strategi persiapan dan strategi penanggulangan. Peneliti menggunakan konsep dari tahap strategi penanggulangan krisis dalam kondisi akut yaitu proses mengidentifikasi, mengisolasi, dan mengendalikan krisis. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan metode kualitatif. Peneliti juga menggunakan pendekatan studi kasus yaitu mengenai suatu lembaga atau organisasi dengan berupa fenomena yang ada dan terjadi nyata di suatu lembaga atau organisasi. Hasil dari penelitian ini menerangkan bahwa proses mengidentifikasi yaitu mencari akar permasalahan, proses mengisolasi ini bagaimana cara memberi pemahaman kepada internal dan eksternal, dan proses mengendalikan untuk memulihkan perusahaan yang mengalami krisi dan agar tidak terulang kembali krisis kepada perusahaan Crisis management is needed by companies that are experiencing a crisis, especially in Indonesian Aerospace (IAe).The management of this crisis if the company's crisis management it must restore the company to use the crisis management process. The purpose of this research is to know some crisis management process that has been done by Public Relations is the process of identifying, isolating and controlling the crisis in Indonesian Aerospace (IAe). This process is a series of strategies 3P such as prevention strategies, preparation strategies and coping strategies. Researchers use the concept of crisis coping strategies in acute conditions that is the process of identifying, isolating, and controlling the crises. This research uses constructivism paradigm and qualitative method. Researchers also use a case study approach that is about an institution or organization with a phenomenon that exists and occurs manifestly in an institution or organization. The results of this research explain that the process of identifying is to find the root of the problems, the process of isolating this how to give understanding to the internal and external, and the process of controlling to restore the company that suffered the crisis and so as not to repeat the crisis.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

reputation

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan ...