Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
Vol 1 No 2 (2018): Humas: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat

Manajemen Citra Kegiatan Media Relations Polda Jawa Barat

Dera Alfiani (Jurusan Ilmu Komunikasi Konsetrasi Hubungan Masyarakat, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Enjang AS (Jurusan Ilmu Komunikasi Konsetrasi Hubungan Masyarakat, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Betty Tresnawaty (Jurusan Ilmu Komunikasi Konsetrasi Hubungan Masyarakat, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Humas Polda Jawa Barat dalam melakukan proses manajemen citra melalui Media Massa mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, hingga tahap evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatori pasif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen citra melalui Media Relations dimulai dengan perencanaan yakni merencanakan renja serta koordinasi agenda waktu dan tempat, anggaran, target sasaran, serta pengemasan kegiatan. Pengorganisasian dengan cara komunikasi yang baik, pemilihan tim kepanitiaan, penentuan tugas sesuai keahlian serta pengorganisasian hasil pembentukan pada pimpinan. Pelaksanaan terdiri dari bentuk kegiatan berupa Media Gathering, Press Tour, Temu Pemred dan Kapolda, serta penyediaan ruang khusus pers (Journalism Community Polda), lalu proses pelaksanaan dengan cara melaksanakan tugas kepanitiaan, koordinasi baik, melaksanakan rencana yang telah disusun, dan melaksanakan kegiatan bersama mitra media. Pengawasan dengan cara monitoring proses koordinasi, mengawasi kinerja tim, pengawasan saat berjalannya kegiatan, serta pengawasan dari hasil kegiatan, dan terakhir evaluasi dengan tahapan berupa evaluasi bersama pengelola kegiatan, evaluasi bulanan, evaluasi pertiga bulan, dan evaluasi tahunan. The purpose of this research is to find out how the West Java Regional Police Public Relations in carrying out the image management process through Mass Media starting from the planning, organizing, implementing, monitoring, and evaluation stages. The method used in this research is a case study of qualitative with data collection techniques through in-depth interviews and passive participatory observation. The results showed that image management through Media Relations begins with the planning and coordination of Renja planned the agenda time and place, budget, target, and packaging activities. Organizing by way of good communication, selection of committee team, assigning tasks according to organizing the results of the formation of leaders. The implementation consists of activities in the form of Media Gathering, Press Tour, Pemred and Kapolda Inventiveness, the provision of Journalism Community Polda, the implementation process by carrying out the duties of the Committee, good coordination, , implementing plan that had been prepared, and carry out joint activities media partner. Supervision by monitoring the coordination process, overseeing the teams performance, monitoring when activities are running, and monitoring the results of activities. Evaluating by evaluation of activity managers, monthly evaluations, quarterly evaluations, and annual evaluations.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

reputation

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan ...