Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
Vol 2 No 2 (2019): Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat

Implementasi Corporate Social Responsibility Melalui Program Bantuan Solar Tree Light

Ghina Dwi Novia (Jurusan Ilmu Komunikasi Humas, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Darajat Wibawa (Jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Encep Dulwahab (Jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Bagian Komunikasi Korporasi PT. Len Industri (Persero) dalam mengimplementasikan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) melalui Program Bantuan Solar Tree Light mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga tahap evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Konsep yang digunakan adalah konsep implementasi dan konsep Corporate Social Responsibility (CSR) dengan memperhatikan aspek ā€œ3Pā€ atau Triple Bottom Line : Profit-Planet-People dari Jon Elkingston. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) melalui Program Bantuan Solar Tree Light dimulai dengan perencanaan yakni melaksanakan rapat internal, menetapkan tujuan Corporate Social Responsibility (CSR), menjalankan operasionalisasi proposal/surat, melakukan sosialisasi, dan melakukan survey. tempat. Pelaksanaan dengan cara melakukan pemasangan Solar Tree Light, melakukan serah terima Solar Tree Light, dan melakukan kegiatan sharing knowledge dan terakhir evaluasi dengan tahapan berupa kegiatan monitoring dan evaluasi internal. The purpose of this research is to find out how the Corporate Communication Section of PT. Len Industri (Persero) in implementing Corporate Social Responsibility (CSR) activities through the Surya Tree Light Assistance Program starting from the planning, implementation, and evaluation stages. The method used in this study is descriptive qualitative with data collection techniques through interviews, and documentation studies. The concept used is the implementation concept and concept of Corporate Social Responsibility (CSR) by taking into account the "3P" or Triple Bottom Line aspects: Profit-Planet-People from Jon Elkingston. The results showed that the Implementation of Corporate Social Responsibility (CSR) through the Solar Tree Light Assistance Program began with internal internal planning, setting goals for Corporate Social Responsibility (CSR), carrying out the operation of proposals/ letters, conducting socialization, and conducting site surveys. Implementation by installing Solar Tree Light, making handover of Solar Tree Light, and conducting knowledge sharing activities and lastly evaluating with internal monitoring and evaluation activities.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

reputation

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan ...