Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
Vol 2 No 3 (2019): Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat

pengelolaan cyber public realations dalam membentuk corporate branding

Eneng Rismawati (Jurusan Ilmu Komunikasi Humas, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.)
yusuf zaenal abidin (jurusan managemen dakwah, fakultas dakwah dan komunikasi,UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Encep Dulwahab (jurusan ilmu komunikasi jurnalistik, Fakultas dakwah dan komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2020

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan mengenai tahap membagikan, mengoptimalkan, mengelola serta mengikutsertakan pada pengelolaan cyber public relations dalam membentuk corporate branding di PT Len Industri (Persero). Konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsep model melingkar untuk sosial media menurut Regina Luttrell . Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode deksriptif dengan pendekatan kualitiatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, dan observasi. Hasil penelitian dilapangan, dapat disimpulkan bahwa praktisi humas PT Len Industri (Persero) dalam pengelolaan cyber public relations guna membentuk corporate branding memiliki empat tahapan yakni : 1) tahap membagikan konten terdiri dari: a) berpartisipasi menggunakan media sosial , b) saling terhubung dengan publik, c) membangun kepercayaan publik . 2) tahap pengoptimalan pesan yang dilakukan yakni dengan : a) melakukan pengecekan hashtag, b) melakukan postingan lima kali sehari, dan c) melakukan postingan yang memiliki unsur teknologi. 3) mengelola dibagi menjadi tiga, yaitu : a) media monitoring, b) interaksi dalam waktu yang sebenarnya, dan c) memberikan respon cepat. 4) mengikutsertakan publik dengan tiga unsure yaitu : a) menjalin hubungan dengan para influencer, b) mengetahui dimana dan siapa audiens, serta c) meraih target audiens. Kata Kunci: Pengelolaan; Cyber Public Relations; Corporate Branding. ABSTRACT The purpose of to find out and describe the sharingstage,optimize,manage and engage in cyber public relations management in forming a corporate branding in PT Len Industri (Persero). The concept used in this research is the concept of The Circular model of Some to Regina Luttrell. The research method using an adaptive method with a qualitative approach. Data collection used in this study is by interview,and observation. The results of the research in the field can be concluded that PT Len Industri (Persero) public relations practitioners in the management of cyber public relations to form corporate branding has four stages : 1) The share stage consists of: a) participating in social media (participate), b) connect with public (connect), c) build public trust (build trust). 2) optimize phase messages that are carried out by: a) checking hashtag, b) posting five time a day, c) do posts that have technological elements. 3) The manage divided into: a) media monitoring, b) interaction in real time, c) provide quick response. 4) engage the public : a) establish a relationship with influencer, b) where and who is the audience, c) reach the target audience. Keyword : Management; Cyber Public Relations.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

reputation

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan ...