Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
Vol 1 No 4 (2018): Humas: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat

Strategi Public Relations Pemerintah Kota Bandung Mendukung Program Bandung Smart City

Hidayat Sudarjat (Jurusan Ilmu Komunikasi Humas, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Yusuf Zaenal Abidin (Jurusan Manajemen Dakwah, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana Humas Pemerintah Kota Bandung (Humas Bandung) mendukung Program Bandung Smart City melalui publikasi dengan menggunakan perspektif four steps of PR (Research, Planning, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan melibatkan informan dari Humas Bandung dan observasi proses dan hasil publikasi. Analisis data dengan analisa kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Bandung memanfaatkan media online terutama media sosial sebagai media utama dengan agenda setting dalam perencanaan publikasinya. Konten dibuat semenarik mungkin, kemudian publikasi dilakukan dengan memanfaatkan hashtag sebagai Viral Marketing dan verified badge untuk prior ethos. Kegiatan publikasi mendapatkan respon yang positif, baik dari masyarakat maupun SKPD terkait. - This research aims to understand how the PR Department of City Government of Bandung (Humas Bandung) promoting the Bandung Smart City Program through publications from the point-of-view of the four steps of PR theory (includes research, planning, implementation, and evaluation of the publication). Case study method that is being used in this research involves the informant from Humas Bandung and observations on the process and results of the publication. Research shows that Humas Bandung utilizes the online media, mainly social media, as the primary media for the publication and designed an agenda setting as part of the publication planning. The contents are made to be as much exciting as possible, using hashtag as method of Viral Marketing, and the verified badge for evoking prior ethos. Publication achieves positive feedback from citizens and involved local government agencies.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

reputation

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan ...