Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
Vol 1 No 1 (2018): Humas: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat

Strategi Marketing Public Relations Lembaga Amil Zakat dalam Menarik Donatur Berdonasi

Farid Muhammad Ihsan (Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)
Imron Rosyidi (Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)
Rohmanur Aziz (Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi marketing public relations (MPR) Lembaga Amil Zakat (LAZ) Rumah Zakat (RZ). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. LAZ RZ Pusat yang berlokasi di Bandung merupakan representasi dari LAZ RZ di Indonesia yang dipilih sebagai tempat penelitan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa sasaran strategi marketing public relations kebanyakan berasal dari muslim kalangan middle class yang terbagi menjadi empat tipe: apathis, rationalist, conformist dan universalist. Adapun strategi marketing public relations LAZ RZ dalam menarik minat donatur terdiri atas kegiatan publikasi dan publisitas melalui media cetak, media internet, kegiatan layanan masyarakat, dan pengadaan acara khusus. The purpose of this study is to know the strategy of Marketing Public Relations (MPR) Zakat Management Agency (LAZ) Rumah Zakat (RZ). This research is a qualitative research with case study method. The Headquarter of LAZ RZ located in Bandung is a representation of LAZ RZ in Indonesia as a research place. The results explain that the target marketing public relations strategy mostly comes from middle class Muslims who are divided into four types: apathis, rationalist, conformist and universalist. The public relations marketing strategy LAZ RZ in attracting donors consists of publishing and publicity activities through print media, internet media, community service activities, and special events.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

reputation

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan ...