Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
Vol 2 No 3 (2019): Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat

Manajemen Humas dalam Mempertahankan Sponsor

Iik Jafar Sidik (Ilmu Komunikasi Humas, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Wiryo Setiana (Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Dyah Rahmi Astuti (Ilmu Komunikasi Hubungan Masyarakat, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses yang dilakukan PT. Persib Bandung Bermartabat dalam menjalankan program atau kegiatan Manajemen Humas dalam Mempertahankan Sponsor mulai dari proses defining Public Relations, planning and programming, taking action and communication hingga evaluating the program. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitiatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Humas dalam Mempertahankan Sponsor dimulai dengan proses defining Public Relations problem, planning and programming, taking action and communication dan diakhiri dengan evaluating the program,sehingga melalui proses ini dapat ditentukan masalah apa yang akan dijadikan suatu fokus kegiatan melalui analisa data-data yang didapatkan, mampu menjadikan sebuah program atau kegiatan dapat terlaksana dengan efektif, melakukan kinerja serta berkomunikasi didalam sebuah program atau kegiatan dengan tujuan untuk menentukan waktu, kapan, dimana, dan bagaimana program atau kegiatan tersebut dilaksanakan, dan mengevaluasi dari keseluruhan program atau kegiatan yang telah dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana pencapaian yang sudah dilakukan. This study aims to determine the process carried out by PT. Persib Bandung Bermartabat in carrying out Public Relations Management programs or activities in Maintaining Sponsors starting from the defining process of Public Relations, planning and programming, taking action and communication to evaluating the program. The research method is using a case study with a qualitative approach. The results showed that Public Relations Management in Maintaining Sponsors began with the defining process of Public Relations problems, planning and programming, taking action and communication and evaluating the program, so that through this process what problems would be a focus of activities through analysis – the obtained, is able to make a program or activity can be carried out effectively, perform performance and communicate in a program with the aim of determining, and evaluating the entire program has been carried out to measure the extent of the achievements that have been made.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

reputation

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan ...