Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
Vol 2 No 4 (2019): Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat

Marketing Public Relations Radio Ardan dalam Mempertahankan Minat Pendengar

Muhamad Fakhri Affiyandi (Jurusan Hubungan Masyarakat, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Wiryo Setiana (Jurusan Hubungan Masyarakat, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Lida Imelda Cholidah (Jurusan Hubungan Masyarakat, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Radio Ardan dalam melakukan kegiatan Marketing Public Relations berupa Pull Strategy, Push Strategy, Pass Startegy dalam mempertahankan minat pendengar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, untuk mengetahui aspek “how” dan “why” pada Marketing Public Relations yang dilakukan Radio Ardan dalam mempertahankan minat pendengar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi partisipatori pasif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Marketing Public Relations yang dilakukan oleh Radio Ardan dalam mempertahankan minat pendengar dimulai dengan Pull Strategy dimana pada strategi tahapannya terdiri dari menggunakan media sosial, umbul-umbul, pemilihan cerita, dan penyajian cerita, selanjutnya pada Push Strategy dengan tahapan menjalin kerjasama, nightmare school, mengadakan kuis, dan merilis buku, dan terakhir adalah Pass Strategy, dimana hasil dari pada tahap ini dimulai dengan ritual, ekspedisi life, menjalin kerjasama dengan jurnalisa, dan sponsorship. The purpose of this study was to find out how Radio Ardan in conducting Public Relations Marketing activities in the form of Pull Strategy, Push Strategy, Startegy Pass in maintaining the interest of listeners. The method used in this study is a case study, to find out the aspects of "how" and "why" in Marketing Public Relations conducted by Radio Ardan in maintaining the interest of listeners. Data collection techniques used were in-depth interviews and passive participatory observation. The results showed that Marketing Public Relations carried out by Radio Ardan in maintaining listeners' interest began with Pull Strategy where the stage strategy consisted of using social media, banners, story selection, and story presentation, then on Push Strategy with the stages of collaborating, nightmare school, holding quizzes, and releasing books, and finally the Pass Strategy, where the results at this stage begin with rituals, life expeditions, collaborating with journalism, and sponsorship. Keywords : Marketing Public Relations; Listener Interest; Radio

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

reputation

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan ...