Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
Vol 2 No 4 (2019): Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat

Pengelolaan Website dalam Meningkatkan Citra Positif Lembaga (Analisis Deskriptif pada Website Yayasan Pendidikan Al Ma'soem)

intan ayu lestari (Jurusan ilmu komunikasi hubungan masyarakat, fakultas dakwah dan komunikasi, UIN sunan gunung djati bandung)
Yusuf Zaenal Abidin (Jurusan Humas, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)
Dyah Rahmi Astuti (Jurusan Humas, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2020

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui penentuan masalah, perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi yang dilakukan oleh praktisi humas Yayasan Pendidikan Al Ma’soem dalam mengelola website guna meningkatkan citra positif lembaga. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis deksriptif dengan pendekatan kualitiatif. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, dan observasi dengan tiga informan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa praktisi humas Yayasan Pendidikan Al Ma’soem dalam pengelolaan website guna meningkatkan citra positif lembaga menggunakan empat tahapan proses public relations yakni pertama dengan menentukan masalah melalui koran, berita online dan layanan pengaduan masyarakat. Kedua perencanaan, yang dilakukan yakni ketika ada kegiatan, dibuat berita, dimasukan ke website yang diharapkan sampai kepada masyarakat. Ketiga pelaksanaan, dibagi menjadi tiga admin, yaitu admin informasi, admin pemberitaan dan admin informasi tekhnologi (IT). Keempat, evaluasi, yakni menilai keberhasilan program dari grafik, pusat informasi dan total pengunjung. Kata Kunci : Pengelolaan; Website; Citra This paper aims to determine the problem determination, planning, implementation and evaluation of Al Ma’soem Education Foundation's public relations practitioners in managing websites to improve the positive image of the institution. The research method used in this study is using descriptive analysis with a qualitative approach. Data collection used in this study is by interview, and observation with three informants. Based on the results of the study, it can be concluded that the Al Ma’soem Education Foundation public relations practitioner in managing websites to enhance the positive image of the institution uses the four stages of the public relations process namely first by determining the problem through newspapers, online news and public complaints services. Both planning, which is carried out when there are activities, made news, entered into the website that is expected to reach the community. The third implementation, divided into three admins, namely information admin, admin reporting and information technology admin (IT). Fourth, namely assessing the success of the program from the graph, information center and total visitors. Keywords: Management; Website; Image

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

reputation

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan ...