Prosiding SNATIF
Vol 1, No 1 (2014): Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Informatika

PROTOTIPE ALAT PENGHEMAT BAHAN BAKAR MOBIL MENGGUNAKAN METODE HYDROCARBON CRACK SYSTEM UNTUK MENGHEMAT BAHAN BAKAR DAN MENGURANGI EMIS GAS BUANG

Abdillah, Fuad ( Universitas Muria Kudus)
-, Sugondo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2014

Abstract

Abstrak Mahalnya harga bahan bakar menyentuh harga setinggi US$ 122,17 per barrel dengan harga eceran per liter untuk bahan premium Rp 5.000 Per liter, pertamax Rp 9.050 per liter dan pertamax plus Rp 10.450 per liter. Maka perlu inovasi pembuatan alat untuk penghematan bahan bakar yang tujuan jangka panjang untuk mengurangi konsumsi bahan bakar (BB), menaikan kinerja mesin, mengurangi emisi gas buang dan mengurangi resiko kerusakan.  Tujuan khusus dari penelitian ini adalah membuat prototipe alat penghemat bahan bakar memakai metode hydrocarbon crack system (HCS) melalui pemanfaatan hidrokarbon pertamax dari uap tangki bahan bakar yang dilewatkan pipa katalis menuju intake manifold mesin. Diharapkan dapat berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang pada mobil. Metodolog riset dengan menggunkan variabel bebas panjang pipa katalis dengan panjang 100, 150, dan 200 mm. Variasi konsentrasi jumlah bahan bakar (BB) premium dalam tangki yang akan digunakan 20 liter dan 30 liter. Untuk pengujian pada putran idle atau 700 rpm dan 2500 rpm. Pencapian HCS sangat efektif dipakai untuk power supelmen kendaraan bermotor sebagai penghemat bahan bakar yang mampu menghemat minimal 50% pada putaran 700 rpm dan maksimal penghematan bahan bakar 61% pada putaran 2500 rpm. Emisi gas buang pada putaran rendah dan tinggi masuk standar yang ditetapkan pada pemerintah. Desain pipa katalis HCS yang paling baik pada panjang 200 mm, baik dari segi penghematan bahan bakar dan emisi gas buang. Kata kunci: Pipa, katalis, premium, hidrokarbon, penghemat

Copyrights © 2014