Entalpi Pendidikan Kimia
Vol 2, No 1 (2021)

Pengembangan Permainan Tic-Tac-Chem Sebagai Media Pembelajaran Kimia pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Kelas X SMA/MA

Aura, Selfi Monica (Unknown)
Azra, Fajriah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2021

Abstract

Permainan Tic-Tac-Chem merupakan media pembelajaran yang berguna sebagai latihan untuk memperkuat pemahaman “hukum-hukum dasar kimia” peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan Tic-Tac-Chem menjadi media pembelajaran kimia terhadap hukum-hukum dasar kimia dan menentukan tingkat validitas serta  praktikalitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R D) yang menggunakan model pengembangan 4-D, yaitu fase define, design, develop,dan disseminate. Pengembangan permainan Tic-Tac-Chem terbatas pada fase develop dengan melakukan pengujian validitas dan praktikalitasnya. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket  validasi  dan  angket  praktikalitas. Validasi  dilakukan  oleh  lima orang validator. Sementara itu, praktikalitas dilakukan oleh 20 orang peserta didik kelas XI dan dua orang guru kimia. Teknik analisa data menggunakan Aiken’s V dan % Praktikalitas. Hasil uji validitas media memiliki Aiken’s V (V) dengan kategori valid yaitu 0,81. Untuk hasil uji kepraktisan % Praktikalitas (P) media sebesar 87% termasuk dalam kategori sangat praktis. Dengan demikian permainan chemmon dikatakan valid dan praktis sebagai media pembelajaran kimia untuk mempelajari“hukum-hukum dasar kimia”.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

epk

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education

Description

Entalpi Pendidikan Kimia Journal publishes either research articles or reviews that relate to the field of chemistry education. The coverage of articles or reviews accepted by this journal includes the study of curriculum, models, strategies, approaches, methods, and techniques of learning; tests, ...