Alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa lambang bunyi ujaran yang dihasilkan oleh alat ucap manusia disebut bahasa. Bahasa harus dipelajari, tidak ada seorang manusia di kehidupan dunia ini yang baru lahir langsung bisa berbahasa tertentu. Untuk mempelajari suatu bahasa mesti melalui proses yang relatif terus-menerus dijalani dari berbagai pengalaman. Pengalaman inilah yang membuahkan hasil yang disebut belajar. Belajar bahasa tentu memerlukan strategi atau rencana yang cermat agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang baik. Biasanya yang berkaitan dengan belajar bahasa adalah guru dan peserta didik, dalam hal ini peserta didik tingkat sekolah menengah pertama (SMP). Salah satu unsur dalam strategi pembelajaran bahasa adalah menguasai teknik-teknik penyajian atau metode mengajar. Pembelajaran akan berlangsung dengan efektif dan efisien apabila didukung dengan kemahiran guru mengatur strategi pembelajaran. Cara guru mengatur strategi pembelajaran sangat berpengaruh terhadap cara peserta didik dalam belajar
Copyrights © 2020