JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal)
Vol 2 No 02 (2019): Vol. 02 No. 02 Juli 2019

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS X MAN PADANG LAWAS UTARA

Rosmaida Siregar (Unknown)
Nunik Ardiana (Unknown)
Januardi Rosyidi Lubis (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat efektifitas antara model pembelajaran Snowball Throwing dengan Macromedia Flash 8 terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas X MAN Padang Lawas Utara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksprimen dengan desain penelitian one-group Pretest-Posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Padang Lawas Utara yang terdiri dari 3 kelas dengan umlah siswa 102 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling dan dan kelas yang terpilih untuk sampel adalah kelas X-IPA2 dengan jumlah siswa 25 siswa. Jadi sampel penelitian sebanyak 25 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan pada analisis deskriptif menggambarkan bahwa nilai rata – rata model pembelajaran Snowball Throwing dengan Macromedia Flash 8 sebesar 3,6 nilai rata – rata untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dengan Macromedia Flash 8 sebesar 53,52 dengan kategori gagal dan nilai rata–rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dengan Macromedia Flash 8 sebesar 76 dengan kategori baik. Agar diketahui hipotesis yang di tegakkan dalam penelitian ini efektif atau tidak, maka dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh nilai sig <0,05, maka hipotesis alternatif yang di ujikan dapat diterima. Dengan kata lain “Terdapat efektivitas antara model pembelajaran Snowball Throwing dengan Macromedia Flash 8 terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa MAN Padang Lawas Utara”.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pendidikan Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pendidikan Matematika, Pengembangan Profesional ...