Jurnal Pendidikan PKn
Vol 2, No 1 (2021): April 2021

ANALISIS PENGARUH PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MELALUI SISTEM ZONASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Sulaiman sulaiman (Politeknik Negeri Pontianak)
Laila Nurfitrah Lubis (Politeknik Negeri Pontianak)
Rizky Aditya (Politeknik Negeri Pontianak)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh sistem zonasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 6 Pontianak. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 88 orang dengan menggunakan analisis regresi. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Dengan pendekatan kuantitatif. Teknik data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi, analisis deskriptif dan analisis statistik dengan regresi linier menggunakan SPSS (Social Sciences Program Statistics) versi 22.0Hasil penelitian menunjukkan bahwa zonasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 6 Pontianak berpengaruh positif. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung (6,863)> t tabel (0,270) dan nilai signifikan (0,000) <0,05, maka hipotesis (Ho) diterima, artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel sistem zonasi terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Pontianak. Kata Kunci: Sistem Zonasi, Prestasi, Pembelajaran

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPKn

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Universitas Tanjungpura Journal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (JPPKn) with ISSN printed 2622-4697 and ISSN online 2723-0996 is a Peer-Review Journal published by Pancasila and ...