CITRAWIRA : JOURNAL OF ADVERTISING AND VISUAL COMMUNICATION
Vol 1, No 1 (2020)

STRATEGI KREATIF PERIKLANAN “PINED WEARHOUSE PERIGEE” MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Pita Dianputri (Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Insonesia Surakarta)
Ana Rosmiati, S.Pd., M.Hum (Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Insonesia Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2020

Abstract

Perkembangan dunia fashion (gaya atau mode berpakaian)  adalah perkembangan yang terjadi paling pesat. Berbagai pihak usaha dalam bidang serupa berlomba-lomba dalam menciptakan sebuah strategi kreatif periklanannya. Poster merupakan salah satu media yang dipilih untuk kegiatan promosi serta media sosial instagram dipilih sebagai pelengkap untuk mendukung keberhasilan kegiatan promosinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang bagaimana strategi kreatif periklanan toko pakaian Pined Wearhouse Perigee yang bersegmen concept store (toko yang berkonsep) dan memililih media sosial Instagram sebagai media beriklannya. Metode penelitian yang dipilih yaitu kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui proses dokumentasi, studi kepustakaan, observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menanganalisis beberapa tahapan strategi kreatif antara lain yaitu permasalahan yang ada, survey khalayak untuk target market yang dituju, posisi brand yang ingin dihadirikan dalam benak konsumen, tujuan komunikasi yang ingin dicapai, usulan berupa ide yang digunakan untuk menenentukan karakter beriklannya, media poster yang dipilih dan media sosial instagram digunakan sebagai media untuk meluncurkan iklannya, serta arah kreatif sebagai sebuah gaya penyampaian pesan yang unik, menganalisis konsep desain dengan mengurai elemen-elemen desain dalam posternya, antara lain logo, ilustrasi, layout, dan warna serta pemanfaatan media sosial Instagram yang dipilih sebagai media promosinya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

citrawira

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Fokus utama jurnal ini adalah untuk mempromosikan forum diskusi secara akademik global dan pertukaran interdisipliner maupun multidisiplin keilmuan dari para cendekiawan peneliti yang mengeksplorasi topik pada permasalahan periklanan dan komunikasi visual. Serial ini akan mendorong inovasi dan ...