Artikel ini mengulas tentang sejauhmana signifikansi peningkatan minat belajar siswa di new normal era dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan pendekatan Joyful Learning berbasis Picture Cards. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas V SD ENDE 5 tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 21Â orang dengan metode penelitiannya adalah Classroom Action Research (CAR). Data diperoleh melalui interview, observasi, tes, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan minat belajar siswa kelas V SD ENDE 5 pada siklus I sebesar 52,63% dan pada siklus II sebesar 68, 42%. Perolehan nilai rata-rata peningkatan minat belajar siswa pada siklus I sebesar 84, 21 dan nilai rata-rata peningkatan minat belajar siswa pada siklus II sebesar 91. Signifikansi peningkatan minat belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah 6,79 dan dapat diklasifikasikan dalam kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Joyful Learning berbasis Picture Cards di era new normal dapat dijadikan metode alternative dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD Ende 5 tahun pelajaran 2019/2020 pada pembelajaran IPS.
Copyrights © 2021