Mimbar PGSD Undiksha
Vol 8, No 3 (2020): Oktober

Analisis Leksikal Dalam Teks Pendek Papan Sekolah

Nisak, Fuji Karimatun (Unknown)
Khoirul Basyar, Moh. Aniq (Unknown)
Arisyanto, Prasena (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2020

Abstract

Kurangnya pemaknaan sebuah kata dapat menghasilkan perbedaan persepsi, salah satu kurangnya pemaknaan sebuah tulisan teks pendek papan sekolah sebagai upaya untuk menciptakan warga sekolah yang tertib, aman dan nyaman. Penelitian ini bertujuan menganalisis makna pada teks pendek papan sekolah dalam analisis semantik leksikal. Penelitian ini merupakan desktiptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah teks pendek papan sekolah dan subjek yang dilibatkan pada penelitian ini adalah 2 Kepala Sekolah, 2 guru, dan 24 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisis komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan 21 data teks pendek papan sekolah, ditemukan 14 jenis makna antara lain makna sempit 35 bentuk, makna luas 39 bentuk, makna kognitif 62 bentuk, makna konotatif 4 bentuk, makna emotif 53 bentuk, makna referensial 49 bentuk, makna kontruksi 3 bentuk, makna leksikal 71 bentuk, makna gramatikal 11 bentuk, makna proposisi 5 bentuk, makna pusat 28 bentuk, makna piktorial 1 bentuk, makna idiomatik 3 bentuk dan makna ideasional. Simpulan penelitian ini adalah terdapat 14 jenis makna, dengan 21 data kata mutiara pada teks pendek papan sekolah. 

Copyrights © 2020