Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 15 No 2 (2015): Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan

PENGEMBANGAN COMPUTER BASED TESTING (CBT) DALAM MATA KULIAH KEAHLIAN DAN KEILMUAN PADA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Eldarni Eldarni Novrianti Novrianti (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2020

Abstract

Permasalahan evaluasi akhir perkuliahan selama ini pada program studi Teknologi Pendidikan adalah belum adanya bank soal yang terdokumentasikan secara terstruktur. Sehingga memberikan persoalan pelaksanaan ujian yang tertunda apabila dosen yang membina tidak dapat melaksanakan ujian. Disatu sisi hampir sebagaian besar soal yang diberikan berupa essay yang belum melalu proses analisis kelayakan. Sejalan dengan visi dan misi program studi Teknologi Pendidikan sebagai perekayasa pembelajaran, maka semestinya dengan ketersediaaan labor komputer yang lengkap memiliki satu program evaluasi yang menggunakan komputer atau CBT. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pelaksanaan evaluasi berbantuan komputer atau biasa dikenal dengan Computer Based Testing (CBT) yang sesuai dengan kriteria kelayakan media dan materi pada mata kuliah MKK program studi Teknologi Pendidikan melalui validasi beberapa ahli dan uji coba produk. Model penelitian pengembangan ini adalah model prosedural. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, format penilaian dengan kriteria yang meliputi aspek isi materi berupa Tes Pilihan Ganda dan aspek media, kemudian angket yang digunakan dalam pelaksanaan uji coba untuk melihat kemudahan bagi subjek coba menggunakan produk CBT. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk CBT berada pada kategori Sangat Baik (89%), memiliki jumlah rerata skor sebesar 4,4 (skor maksimum 5). Untuk aspek isi termasuk dalam kategori Sangat Baik (96%) jumlah rerata skor sebesar 4,8 (skor maksimum 5). dan dari aspek media termasuk dalam kategori Sangat Baik (83%) jumlah rerata skor sebesar 4,1 (skor maksimum 5). Selanjutnya, hasil analisis berdasarkan uji coba produk CBT berada pada kategori Sangat Baik (94%) dengan rerata 4,7. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk CBT ini layak digunakan sebagai media alternatif untuk memecahkan permasalahan yang terjadi pada pelaksanaan evaluasi yang dirasakan oleh dosen dalam mata kuliah keahlian khususnya dalam hal ini pada mata kuliah Evaluasi Program.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education

Description

The field of education that is the main focus of this journal is the Administration of Education, Guidance and Counseling, Educational Technology, Elementary School Teacher Education, Early Childhood Education Teacher Education, Extraordinary Education, Outside School Education. The main focus ...