Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 9, No 1 (2020)

Implementasi Rangka Untuk Sepeda Motor Sport Elektrik Setara 250cc

Nur Alif Fitria Nugraha (Departemen Desain Produk Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Andhika Estiyono (Departemen Desain Produk Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Arie Kurniawan (Departemen Desain Produk Institut Teknologi Sepuluh Nopember)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2020

Abstract

Untuk mengurangi emisi dari kendaraan bermotor, salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan beralih dari kendaraan dengan mesin bakar ke kendaraan listrik. Jika melihat pada konsumsi energi per kilometernya, sepeda motor listrik memiliki efisiensi yang tinggi sehingga akan cocok jika dipakai sebagai solusi. Meskipun kendaraan umum bisa menjadi solusi masalah ini, namun memiliki kendaraan pribadi dapat memberi dampak psikososial yang positif dengan cara membanggakan kendarannya baik dari performa, maupun tingkat personalisasi kendaraannya. Pada pasar sepeda motor bermesin bakar di Indonesia, prestise seringkali dikaitkan dengan ukuran volume dari mesin. Dari semua kendaraan yang dipasarkan di Indonesia, kapasitas 250cc merupakan ukuran mesin terbesar yang tersedia secara merata. Sehingga untuk membuat sepeda motor listrik memiliki nilai positif pada kondisi psikososial pemiliknya, maka sepeda listrik setidaknya harus dapat bersaing pada segi performanya dengan sepeda motor kelas 250cc. Untuk itu diperlukan rangka yang aman untuk menahan tenaga yang setara dengan sepeda motor 250cc serta dapat menunjang kebutuhan personalisasi pengendaranya.

Copyrights © 2020