JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Vol. 5 No. 2 (2020): JP2BS

MODEL PEMBELAJARAN BASMAT (BAHASA INDONESIA MATEMATIKA) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN

Mimi Rosadi (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran BASMAT terhadap kemampuan menulis karangan. Target luaran penelitian ini diterbitkan dalam jurnal ISSN nasional tidak terakreditasi dan prosiding. Metode penelitian adalah eksperimen. Data hasil penelitian dinalisa dengan menggunakan statistik dan inferensial. Sebelum uji inferensial, data kan dianalisis dengan uji homogenitas dan normalitas dengan data analisa tunggal. Sampel data berjumlah 30 siswa. Nilai dari thitungdalam penelitian ini adalah 11,54 dimanattabel adalah 0,127 dalam standar signifikan adalah 0,05 atau 5% . Berarti thitung>ttabel yaitu: 11,54> o,127. Hal ini berarti hipotesis Ha diterima kebenarannya yang menyatakan bahwa“kemampuan menulis karangan deskripsi berpengaruh dalam model pembelajaran BASMAT. Dalam hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar”. Menulis karangan dekrispsi dengan memberikan perlakuan, presentasi peningkatan kompetensi siswa dalam Menulis karangan dengan memberi perlakuan lebih tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap siswa kelas X SMAN 1 Brastagi Tahun Pembelajaran 2018-2019, ditetapkan beberapa kesimpulan yaitu sebagai berikut: Hasil pretes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum diterapkan perlakuan memiliki nilai rata-rata hasil belajar pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis karangan deskripsi masing- masing adalah 18,85 dan 15,00 yang tergolong baik. Hasil posttest siswa kelompok eksperimen setelah memberikan perlakukan tentang menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran BASMAT memiliki nilai rata-rata 75 yang tergolong sangat baik dan kelompok kontrol memiliki nilai rata- rata 69,25 yang tergolong baik. Ada perbedaan hasil belajar bahasa indonesia dalam menulis karangan deskripsi. Hal ini membuktikan bahwa menulis karangan deskripsi lebih efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas X SMAN 1 Brastagi. Hal ini dibuktikan dari uji t yakni diperoleh thitung>ttabel atau 11,54 > 0,127, sehingga Ha diterima dan Ho diditolak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2BS

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JP2BS is a high-quality open access research journal published by Institute for Research and Community Service of Muslim Nusantara Al Washliyah University (LP2MUMNAW). JP2BS receives research articles written by researchers, teachers, students, academics, professionals, and practitioners, this ...