cover
Contact Name
Alkausar Saragih
Contact Email
jp2bs@umnaw.ac.id
Phone
+6281362192627
Journal Mail Official
jp2bs@umnaw.ac.id
Editorial Address
Editor's Address: Abdul Rahman Syihab Campus First Floor Jl. Garu II No. 52 LP2M Secretariat UMN Al Washliyah
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
ISSN : 25029584     EISSN : 25029592     DOI : 10.32696/kjhsd
Core Subject : Education,
JP2BS is a high-quality open access research journal published by Institute for Research and Community Service of Muslim Nusantara Al Washliyah University (LP2MUMNAW). JP2BS receives research articles written by researchers, teachers, students, academics, professionals, and practitioners, this journal is published every April and October. Jurnal Penelitian bahasa dan Sastra UMN Al Washliyah fokus menerbitkan Artikel Hasil; Penelitian Sastra, linguistik Penelitian Tindakan Kelas; Kajian Pustaka; Kualitatif, dan Kuantitatif.
Articles 130 Documents
ANALISIS NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA Fita Fatria
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol. 1 No. 1 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.003 KB)

Abstract

Novel dapat menjadi media yang efektif untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai pendidikan (edukatif), terutama pendidikan karakter. Novel Sepatu Dahlan adalah salah satu dari beberapa novel yang mengandung nilai pendidikan. Novel Sepatu Dahlan adalah novel yang inspiratif, karya dari Khrisna Pabichara. Pendidikan karakter menjadi sorotan publik, terutama bagi masyarakat luas mengenai berbagai aspek kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai edukatif dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. Nilai edukatif merupakan nilai-nilai pendidikan yang di dalamnya mencakup sikap individu dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi (konten). Metode ini digunakan untuk menelaah isi dari suatu dokumen. Dokumen dalam penelitian ini adalah Novel Sepatu Dahlan dalam tahapan analisis dokumen dimulai dari tahap pembacaan, pencatatan dokumen, hingga analisis dokkumen.Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dapat diambil beberapa nilai edukatif di antaranya adalah: Nilai Religius(Agama), Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/komunikatif dan Tanggung Jawab. Kedelapan nilai edukatif tersebut memiliki saling keterkaitan.Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan informasi dan masukkan bagi mahasiswa, para peneliti, para pendidik dan semua pihak yang membutuhkan.
PENINGKATAN MINAT MEMBACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA OLEH SISWA KELAS XI SMK AL WASHLIYAH 4 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015-2016 Rahmat Kartolo, Sutikno
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol. 1 No. 1 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.113 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat membaca dan penguasaan kosakata dengan keterampilan berbicara yang harus dikuasai oleh siswa yang menggunakan metode berpidato, angket kuesioner dan tes objektif. Penelitian tindakan kelas ini mengambil subjek penelitian 30 orang/siswa SMK Al Washliyah 4 Medan tahun pembelajaran 2015-2016. Instrument hasil data penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa pada materi keterampilan berbicara, penguasaan kosakata dan keterampilan minat membaca. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adlah tes angket kuesioner, tes objektif dan praktik berpidato untu melatih keterampilan berbicara siswa. Hasil pengumpul data telah menunjukkan bahwa siswa memahami materi yang disampaikan oleh peneliti sebagai guru dengan menerapkan metode berpidato, angket kuesioner dan tes objektif. Untuk itu dengan menggunakan teknik pengumpul data tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PENTINGNYA PENGETAHUAN IDEOLOGI PENERJEMAHAN BAGI PENERJEMAH Roswani Siregar
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol. 1 No. 1 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.729 KB)

Abstract

Penerjemahan berperan penting dalam transfer pengetahuan diantara budaya, bahasa dan bangsa yang berbeda. Sebagai kegiatan untukmemindahkan pesan atau maksud yang terkandung dalam suatu bahasa ke dalam bahasa lain secara tepat dan wajar, pekerjaan penerjemahan menjadi kompleks. Oleh karena itu berbagai pendekatan dicetuskan untuk memahami proses penerjemahan, diantaranya adalah teori ideologi penerjemahan. Istilah domestikasi dan foreinisasi dalam penerjemahan merupakan dua istilah yang dikemukakan oleh Lawrence Venuti yang sering disebut sebagai ideologi atau strategi penerjemahan. Domestikasi adalah strategi yang digunakan untuk mengurangi “keasingan” istilah dari bahasa sumber, sehingga pembaca merasa suatu terjemahan seperti bukan produk terjemahan. Sementara foreinisasi adalah sebaliknya, strategi ini lebih condong ke bahasa sumber dengan tujuan memperkenalkan istilah atau budaya asing kepada pembaca sasaran. Dalam prakteknya, penerjemah tidak lepas dari keduanya, namun kecondongan yang berbeda seringkali didasari oleh tujuan penerjemahan dan siapa pengguna terjemahan tersebut. Artikel ini mengemukakan gambaran ringkas tentang ideologi penerjemahan dan bagaimana pentingnya teori ini untuk meningkatkan kesadaran penerjemahan tentang dampak pilihan mereka terhadap hasil terjemahan.
PROMOTING INDONESIAN LOCAL WISDOM THROUGH LITERARY CRITICISM Irpan Apandi Batubara, M. Khalid
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol. 1 No. 1 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.04 KB)

Abstract

The new curriculum of English language teaching in Indonesia urges students contribute actively to world networking as well as to world civilization. In the curriculum, students are introduced to the genre of text. As film is a representation of narrative text, writing a literary criticism can be one way to promote indonesia culture. This research is a content analysis on batak film Anak Sasada. As a modern literary work, the film contain local wisdom as part of culture that is potential to be introduced to world community and literary criticism in English is a way of promoting it. Martarombo is a local wisdom of Batak that found in the film of Anak Sasada.
KAJIAN SEMIOTIKA : MAKNA GERAK DALAM TARIAN KARO Lisa Septia Dewi Br Ginting
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol. 1 No. 1 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.606 KB)

Abstract

Bahasa bukanlah hanya yang lisan atau yang tulisan saja. Dari warna juga memiliki bahasa, setiap gerakkan juga terdapat bahasa. Seperti fungsi bahasa pada umumnya, gerak yang terdapat dalam gerakan tarian dari Suku Karo juga memiliki makna atau informasi yang disampaikan kepada penontonnya. Tari-tarian adalah komponen dari gerak tubuh yang indah. Penampilan gerak tariaan yang indah, bukan hanya indah dipandang mata saja melainkan ada maksud atau tujuan yang berupa informasi dari si pencipta tari kepada penonton. Dengan melihat gerakan tarian khususnya tarian dari Suku Karo, kita mendapat banyak pelajaran yang mendidik akan kehidupan. Bahasa itu luas, semakin berkembang budaya maka bahasa juga akan mengikuti dari belakang perkembangannya.
THE PORTRAYAL OF RURAL LIFE IN AUGUSTUS BALDWIN LONGSTREET’S THE FIGHT Rezky Khoirina Tarihoran
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol. 1 No. 1 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.789 KB)

Abstract

This study is the result of literary research which focuses on the portrayal of rural life in Georgia during the early nineteenth century in the short story The Fight written by AB Longstreet. This research focuses on the story by the author using humorous way to depict the given circumstances. This study was conducted by applying qualitative method and analysed by using the Expreesive theory by MH Abrams. The result of this study shows that : 1) The spirit of Nationalism appeared implicitly in that story through the idea of militia, 2) The language that used by the characters also indicates how the situation was 3) The narration indicates that Georgia at that time is more developed than other counties since their religion and education had spread well in the county for that barbaric act was rarely happen.
METODE BERPIDATO DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERETORIKA OLEH SISWA KELAS XI SMK AL WASHLIYAH 4 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015-2016 Mimi Rosadi
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol. 1 No. 2 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.996 KB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, keterampilan beretorika siswa kelas XI SMK Al Washliyah 4 Medan tahun pembelajaran 2015-2016 masih rendah disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, sulit mengungkapkan gagasan (ide) dalam berbicara maupun beretorika, serta strategi yang digunakan kurang menarik sehingga siswa mengalami kesulitan dalam kegiatan beretorika. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan sistem pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa, yaitu dengan menggunakan sistem pembelajaran metode berpidato yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan beretorika siswa kelas XI SMK Al Washliyah 4 Medan tahun pembelajaran 2015-2016. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan beretorika dengan menggunakan metode berpidato oleh siswa kelas XI SMK Al Washliyah 4 Medan tahun pembelajaran 2015-2016. Berkaitan dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui tingkat keterampilan beretorika dengan menggunakan metode berpidato oleh siswa kelas XI SMK Al Washliyah 4 Medan tahun pembelajaran 2015-2016. Penelitian ini menggunaan desain PTK yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I, tahap siklus II dengan target ketuntasan minimal 80,00 dan rata-rata kelas 83,02. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Al Washliyah 4 Medan sebanyak 38 siswa. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu metode berpidato dan keterampilan beretorika. Pengumpulan data pada tahap siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa keterampilan beretorika dengan menggunakan metode berpidato. Terjadi peningkatan dari pra tindakan yaitu 67,60, siklus I 77,74, siklus II 83,02. Hasil yang dicapai pada siklus II tersebut sudah melebihi target ketuntasan yang telah ditetapkan, yaitu dengan rata-rata kelas 83,02.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PENGUASAAN MATERI PELAJARAN NARRATIVE TEXT PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS VIII-D SMP NEGERI 3 MEDAN Dar na
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol. 1 No. 2 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.131 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang muncul di SMP Negeri 3 Medan yaitu setelah guru melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris pada materi Narrative text guru mengetahui bahwa hasil belajar masih rendah. Hal ini tercermin dari perolehan tes hasil belajar yaitu bahwa tidak ada siswa yang mencapai ketuntasan individual. Ini juga menunjukkan bahwa belum tercapai standar ketuntasan klasikal karena prosentase ketuntasan adalah sebesar 0%. Dalam proses pembelajaran keaktifan siswalah yang seharusnya ditingkatkan karena proses belajar bukanlah menyampaikan materi tapi bagaimana siswa dapat memperoleh informasi dengan cara-cara mereka sendiri maupun bimbingan guru. Selain itu dalam pembelajaran, ketertarikan siswa atau respon siswa juga sangat mempengaruhi perolehan hasil belajar. Dengan menyadari berbagai kenyataan diatas maka sebagai seorang guru professional merasa perlu untuk memperbaiki pembelajaran yaitu dengan mengadakan penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 3 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini bahwa penerapan metode Jigsawdapat meningkatkan kemampuan individual siswa dan ketuntasan klasikal siswa. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw juga dapat membuat siswa lebih aktif. Siswa merespon positif terhadap pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Jigsaw. Model Pembelajaran Jigsawdapat meningkatkan Hasil Belajar Narrative text siswa Kelas VIII-DSMP Negeri 3 Medan, yaitu nilai rata-rata kelas pada saat pre test 47,537,44; siklus 1: 70,26; siklus 2: 81,79. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat menciptakan suasana pembelajaran yang efektif, dan siswa aktif bekerja sama, hal ini ditunjukkan pada nilai sikap siswa pada siklus 1: 45,95; meningkat pada siklus 2: 80,62.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS VIII MTS AL-ITTIHADIYAH MAMIYAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015-2016 Isni Khairina
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol. 1 No. 2 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.521 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah proses penerapan Metode Simulasi pada siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Mamiyai Tahun Pembelajaran 2015-2016 ?, 2)Bagaimanakah proses peningkatan kemampuan mengapresiasi puisi pada siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Mamiyai Tahun Pembelajaran 2015-2016 ?. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1)Untuk mendeskripsikan proses penerapan Metode Simulasipada siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Mamiyai Tahun Pembelajaran 2015-2016, 2)Untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan mengapresiasi puisi pada siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Mamiyai Tahun Pembelajaran 2015-2016. Metode yang digunakan dalam metode ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran tentang peningkatan kemampuan mengapresiasi puisi siswa melalui metode simulasi pada siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Mamiyai Tahun Pembelajaran 2015-2016. Subjek dalam penelitian ini adalah : kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Mamiyai Tahun Pembelajaran 2015-2016 sebanyak 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil kemampuan mengapresiasi puisi. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes soal latihan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode simulasi kemampuan mengapresiasi puisi siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Dari siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 72,73 dengan jumlah nilai akhir 2182 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 79,62 dengan jumlah nilai akhir 2388. Pada siklus I kriteria ketuntasan belajar cukup sedangkan pada siklus II kriteria ketuntasan belajar baik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan sebelumnya dapat diterima kebenarannya.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PENGUASAN KOMPETENSI DASAR MAKNA DALAM PERCAKAPAN TRANSAKSIONAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK DI KELAS VIII-A SMP NEGERI 39 MEDAN Juliana Sembiring
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol. 1 No. 2 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.471 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan menggunakan metode diskusi kelompok dapat menumbuhkan motivsi kelas VIII-ASMP Negeri 39 Medan. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui dua siklus yang terdiri dari tahap: Perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, Observasi,dan Refleksi. Hasil temuan penelitian diperoleh pada siklus 1 terdapat 25% siswa yang telah termotivasi dalam belajar sedangkan 75% siswa masih kurang termotivasi dalam belajar. Dengan demikian secara klasikal siswadinyatakan masih kurang termotivasi dalam belajar. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus 2. siswa yang telah termotivasi dalam belajar pada siklus 2 meningkat menjadi 100%. Dengan demikian secara klasikal atau kelas siswadinyatakan telah termotivasi dalam belajar. Dari data diatas dapat disimpulkan Bahwa ada peningkatan motivasi belajar bahasa inggris melalui metode diskusi kelompok

Page 1 of 13 | Total Record : 130