Journal of Islamic Education Research
Vol. 1 No. 3 (2020): Journal of Islamic Education Research

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Islam Multikultural Di Smp Negeri 2 Mlandingan Situbondo Jawa Timur

Fausi Fausi (Institut Pesantren KH. Abdul Chalim)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengimplementasikan pendidikan Islam multikultural di SMP Negeri 2 Mlandingan Situbondo Jawa timur, serta faktor pendukung dan penghabatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pemilihan informan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis deskriptif, validitas data menggunakan triangulasi sumber, serta pengecekan anggota dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, perencanaan strategis, perencanaan program dan perencanaan kegiatan pembelajaran memuat aspek pendidikan Islam multikultural, terutama pada mata pelajaran PAI; Kedua, aspek implementasi, pemahaman pendidikan Islam multikultural dilakukan dengan berbagai cara dan kegiatan, seperti pembacaan Qur’an yang mengandung nilai pendidikan Islam Multikultural, peringatan hari besar keagamaan, serta pembiasaan sholat berjema’ah, berjabat tangan, berdoa sebelum memulai pelajaran; ketiga, evaluasi dilaksanakan pada aspek Pembelajaran dan praktek nilai multikultural. Faktor pendukung dan penghambat meliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, siswa, fasilitas, waktu dan guru.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jier

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Islamic Education Research is a peer-reviewed journal on Islamic education. This journal encompasses original research articles and reviews articles. The focus of this journal is an attempt to actualize a better understanding of the science of Islamic Education, both locally and ...