JOURNAL AGRIBUSINESS
Vol 10, No 1 (2016): AGRIBUSINESS JOURNAL

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KECAP MANIS ABC DI JABODETABEK

Elpawati Elpawati (Program Studi Agribisni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Rizki Adi Puspita Sari (Program Studi Agribisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Halimatus Sa'adah (Program Studi Agribisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek dari bauran pemasaran terhadaployalitas konsumen. Sebanyak 100 responden diwawancarai terdiri dari konsumenyang pernah mengkonsumsi atau mengkonsumsi kecap ABC setidaknya sekaliselama setahun terakhir. Analisis deskriptif dan metode path digunakan untukmenganalisis hubungan antara variabel independen, yaitu produk, harga, tempat,dan promosi terhadap variabel dependen, loyalitas pelanggan (Y2) melaluimediasi variabel atau variabel perantara, perilaku konsumen (Y1). Hasil penelitianmenunjukkan bahwa variabel produk, harga, tempat, dan promosi bersama-samamemiliki pengaruh pada perilaku konsumen saat uji parsial menunjukkan bahwavariabel produk dan promosi memiliki efek langsung pada loyalitas konsumen,dan variabel harga dan tempat tidak memiliki pengaruh secara langsung tetapimelalui variabel perantara yaitu perilaku konsumen.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

agribusiness

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Agribusiness Journal is a biannual and peer review journal published since June 1, 2007 by Study Program of Agribusiness, Faculty of Science and Technology, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Previously it has the name of Jurnal Agribisnis. Since 2017, it has been published with the name of ...